4 Lokasi Ekstrem Ini Justru Menjadi Lokasi Upacara Bendera

kemerdekaan Indonesia 71 tahun

17 Agustus 71 tahun silam Indonesia meraih kemerdekaannya, melepas lelahnya dengan kemenangan setelah berabad-abad dibawah tekanan perbudakan. Dengan semangat muda Bung Karno dan rekan-rekannya dari berbagai daerah di Indonesia turut andil dalam keberhasilan meraih kemenangannya, tidak terkecuali kota istimewa Yogyakarta.

Berkat pertumpahan darah dan pengorbanan nyawa para pahlawan kita terdahulu lah Indonesia bisa meraih kemerdekaannya. Kita sebagai generasi muda seharusnya terus memerdekakan tanah air tercinta kita, Indonesia. Meskipun perjuangan yang kita lakukan tidak akan menumpahkan darah dan mengorbankan nyawa, tapi perjuangan tidak boleh berhenti karena status yang sudah merdeka. Salah satunya upacara bendera yang unik ini.

Merapi

upacara di gunung merapi

Sumber: beritadaerah.co.id

Gunung Merapi, salah satu tempat wisata yang memiliki sejuta kengeriannya. Namun tidak untuk para pecinta kegiatan mendaki gunung. Justru Merapi adalah tempat upacara bendera favorit mereka dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Ada sangat banyak rintangan untuk mengibarkan bendera merah-putih di puncak Merapi, inilah yang menjadikannya unik dan ekstrem.

Pantai Nglambor

upacara di dasar laut nglambor

Sumber: Harian Jogja

Pelancong Yogyakarta mana yang tidak kenal dengan pantai Baron, pantai dengan tebing yang berbentuk cekungan sehingga semakin indah dan tentunya pelancongnya betah. Namun upacara bendera ini tidak akan dilaksanakan di pantai Baron dan segala keindahan pantainya, melainkan di dasar laut Baron dengan jarak 200 meter dari garis pantai. Peserta upacara diantaranya Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Pantai Baron, nelayan dan warga sekitar.

Monumen Jogja Kembali

upacara di monumen jogja kembali

Sumber: Harian Jogja

Monumen ini sudah sangat populer di Yogyakarta. Monumen dengan bentuk kerucut yang unik ini menjadi salah satu tempat yang rutin diadakannya upacara bendera kemerdekaan. Uniknya, bendera merah-putih yang dikibarkan di sana adalah bendera raksasa. Tidak tanggung-tanggung, bendera raksasa itu berukuran 26 meter panjangnya dan 15 meter lebarnya dengan berat 20 kilogram. Bendera raksasa tersebut diletakkan di pucuk monumen Jogja Kembali.

Gedung Agung

upacara di gedung agung jogja

Sumber: waktoe.com

Kalau tempat yang satu ini, sudah sangat umum dilaksanakannya upacara bendera kemerdekaan. Upacara ini uniknya dihadiri oleh puluhan pejuang veteran di Yogyakarta yang masih bersemangat untuk melaksanakan upacara pengibaran bendera.

Menghargai jerih payah dan pengorbanan nyawa para pahlawan kita adalah hal yang bisa kita lakukan, salah satunya dengan melakukan upacara bendera kemerdekaan 17 Agustus.

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..