5 Masjid di Jogja yang Memberikan Takjil Mewah, Boleh Banget Dicoba!

Menunggu Buka Puasa di Masjid

Puasa, bulan penuh berkah penuh ampunan.

Biasanya, banyak orang yang terpaksa berbuka puasa di tengah perjalanan karena tidak keburu sampai rumah ketika waktu berbuka tiba. Pilihan yang tepat untuk membatalkan puasa di tengah perjalanan adalah masjid. Yup! Di sana, Anda akan mendapatkan takjil untuk berbuka secara cuma-cuma dan langsung dilanjut dengan ibadah sholat maghrib berjamaah. Barokah deh!

Siapa bilang menu buka puasa di masjid hanya itu-itu saja? Masjid-masjid ini memiliki menu istimewa nan spesial untuk para jamaahnya. Apa saja?

Masjid Gedhe Kauman

masjid-kaumanTerletak di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta, masjid raya kesultanan Yogyakarta ini menyajikan menu istimewa untuk para jamaahnya, yakni Gulai Kambing, nasi gudeg yang khas Jogja, dan menu lainnya yang tidak kalah istimewanya. Masjid ini awalnya menyediakan takjil (yang sebenarnya makanan berat) ini disiapkan oleh warga setempat dan didukung oleh Kraton, namun, lama kelamaan, beralih ke katering. Tujuan masjid ini menyediakan takjil tersebut adalah untuk bersedekah pada kaum duafa.

Masjid Jogokaryan
Masjid Jogokariyan YogyakartaMasjid yang terkenal dengan aktivitas kemasyarakatannya itu tidak mau ketinggalan mencari pahala. Tidak hanya menyediakan menu berbuka yang berganti setiap harinya, tapi juga ada Kampung Ramadhan yang mengajarkan keislaman melalui acara talkshow, seminar, dan diskusi yang bebas diikuti oleh siapapun. Setiap porsi takjil yang disediakan dengan piring ini adalah hasil kerjasama antara kaum ibu-ibu di sekitaran dan panitia.

Masjid At-Taqwa Minomartani
Masjid At-Taqwa Yogyakarta
Masjid ini termasuk masjid dengan agenda ramadhan yang oke punya! Banyak pembicara yang sudah ternama diundang untuk mengisi acara sesuai agenda. Di masjid ini, Anda tidak hanya mendapatkan menu untuk berbuka secara cuma-cuma, tapi juga ilmu yang bermanfaat tentunya. Yang lebih kerennya lagi, di 10 hari terakhir tersedia pula menu untuk sahur. Jadi, mau lanjut perjalanan atau mau nginep aja, nih? hehe…

Masjid Al Karim
Masjid Karim YogyakrtaBeda dengan masjid lainnya, kalau masjid lainnya memberikan takjil sebelum sholat, masjid ini memberikannya setelah sholat. Anda bisa memakannya langsung setelah sholat atau membawanya pulang untuk makan sepiring berdua (Cieee). Jadi, setelah mendengar adzan berkumandang, Anda akan disuguhkan minum dan kurma, lalu lanjut sholat baru kemudian panitia akan memberikan nasi kotaknya.

Masjid Nurul Islam
Masjid Nurul Islam YogyakartaBerlokasi di Jl. Kaliurang km 6,5, tepat di seberang RM Padang Sederhana. Karena berseberangan dengan RM Padang, maka takjil berbuka pun nasi padang. Mewah ya? Sayangnya untuk nasi padang terbatas jumlahnya, jadi yaa siapa cepat dia dapat. Tapi tenang, kehabisan nasi padang khas RM Padang Sederhana, masih ada nasi kotak, kok. Jadi aman.

Nah 5 masjid di atas adalah masjid yang menyediakan takjil mewah ala Rental Mobil Jogja Semberani. Eit! Tapi jangan ke masjid dengan tujuan cari gratisan, lho ya. Seperti yang sudah dikatakan, bulan puasa, bulan penuh berkah penuh ampunan, jadi mari mendekatkan diri kepada sang pencipta.
Selamat berpuasa! 😀

(Sources: www.hipwee.com, Jogjastudent.com)

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..