5 Wisata Seni Ini Bisa Membuat Anda Jatuh Cinta Akan Budaya Jogja

wisata seni jogja

Meskipun wisata alam adalah salah satu cara yang paling tepat untuk melepas stress, tapi untuk Anda pecinta seni tentunya menginginkan sesuatu yang lebih. Sesuatu yang indah dan memiliki arti bagi kehidupan. Semberani Rental Mobil Jogja memberikan referensi untuk Anda bisa menikmati waktu luang dengan wisata seni yang menyajikan keindahan visual juga ada pesan moralnya.

Pada bulan September ini, Jogja mengadakan berbagai festival di beberapa tempat. Festival yang diselenggarakan berupa sendratari, theater, dan musik. Bagi Anda yang berkunjung ke Jogja, tak ada salahnya untuk datang ke festival ini. Selain menghibur dan sangat menarik, Anda juga dapat diperkenalkan dengan kebudayaan khas Jogja.

Berikut Semberani Rental Mobil Jogja rangkum jadwal festival di Jogja:

1. Sendratari Ramayana Balletwisata seni jogja

1, 3, 6, 8, 10, 13, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 22, 24, 27, 29 September 2016
Sendratari Ramayana dipentaskan di Panggung Terbuka Prambanan (Open Air Theatre), Taman Wisata Candi Prambanan pada pukul 19:30 – 21:30 WIB. Pertunjukan ini mengisahkan tentang Ramayana yang dirangkum dalam 4 babak: penculikan Shinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Rahwana, dan pertemuan kembali Rama-Shinta.

Seluruh cerita disuguhkan dalam rangkaian gerak tari yang dibawakan oleh para penari dan diiringi musik gamelan. Harga tiket pertunjukan ini berkisar Rp 125.000 – Rp 375.000.

2. Jazz Mben Senen
wisata seni jogjaSetiap Hari Senin
Bertempat di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY), festival ini merupakan ajang kumpul para musisi, dan penikmat musik jazz di Jogja. Selain tempat berkumpul, acara ini juga bertujuan untuk lebih memperkenalkan musik jazz kepada masyarakat. Untuk menikmati alunan musik jazz setiap senin malam ini tidak dikenakan biaya alias gratisss! Jazz Mben Senen dimulai pukul 20:00 hingga tengah malam.

3. Pagelaran Wayang Kulit
wisata seni jogjaSetiap Hari Sabtu
Pertunjukan wayang yang mengisahkan Ramayana dan Mahabharata ini telah berusia lebih dari lima abad, dan telah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai seni pertunjukan Jawa. Bertempat di Kraton Yogyakarta, mulai pukul 10:00 – 13:00 WIB. Cerita yang dibawakan sang dalang akan membawa Anda larut seolah ikut masuk menjadi salah satu tokoh dalam kisah yang dibawakan.

Irama gamelan dan suara merdu para sinden akan membuat malam Anda di Jogja semakin terasa hidup. Harga tiket untuk memasuki Kraton hanya berkisar Rp 5.000 (wisatawan lokal) dan Rp 15.000 (wisatawan mancanegara). Murah ‘kan?

4. Pagelaran Karawitan
wisata seni jogjaSetiap Senin, Selasa, dan Kamis
Karawitan berasal dari bahasa Sansekerta “rawit” yang berarti halus. Pertunjukan ini adalah gabungan dari alunan musik gamelan dan menyanyi. Menyaksikan pertunjukkan ini dapat diibaratkan menghirup nilai – nilai ideal musik Jawa tepat di tempatnya, Keraton Yogyakarta. Pagelaran ini dimulai pada pukul 10:00 – 12:00 WIB, dengan harga tiket berkisar Rp 5.000 (wisatawan lokal) dan Rp 15.000 (wisatawan mancanegara).

5. Demo Membatik
wisata seni jogjaSetiap Hari Minggu
Bagi Anda pecinta batik, Anda bisa mencoba untuk belajar membatik sendiri di acara demo membatik yang diadakan oleh Tembi Rumah Budaya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya batik kepada masyarakat. Setiap pukul 10.00 – 15.00 WIB, seorang pembatik akan menunjukkan cara-cara melukiskan malam di atas selembar kain hingga menghasilkan selembar kain batik tulis apik. Untuk mengikuti demo ini Anda tidak dikenakan biaya alias gratiss lho.

Bagaimana? Sudah berencana untuk mengunjungi festival tersebut? Yuk ajak keluarga dan kerabat Anda liburan sekaligus belajar mendalami budaya Jogja! Anda bisa menggunakan jasa Rental Mobil Jogja agar perjalanan semakin mudah dan nyaman!

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..