7 Air Terjun Indah Tersembunyi di Jogja

slide Air terjun

Ternyata tidak hanya kaya akan Wisata Kuliner atau Wisata Budaya nya saja, Jogja pun memiliki Air Terjun yang sebagian orang tidak mengetahui nya. Banyak pemandangan indah yang disuguhkan cocok untuk Anda dan keluarga Berlibur. Berikut adalah 7 Air Terjun Indah Tersembunyi di Jogja :

  • Air Terjun Jurug Lengkongsari

Air Terjun Jurug Lengkongsari dibuka oleh warga setempat pada 2014 lalu, sehingga masih tergolong baru. Air terjun ini terletak di dekat Pos Polisi perempatan Patuk tepatnya di Desa Wisata Jurug Taman Sari, Desa Semoyo, Patuk, Gunungkidul. Istimewanya, air terjun ini merupakan air terjun kembar yang jatuh ke dalam kedung Lengkongsari yang kedalamannya mencapai 7 meter. Kedung ini menjadi favorit para wisatawan lokal yang datang untuk berenang dan bermain air. Bagi yang tidak bisa berenang, tak perlu khawatir, sewa saja ban pelampung yang disediakan pengelola. Bila biasanya mengunjungi air terjun itu lebih baik ketika musim penghujan, lain halnya dengan Jurug Lengkongsari. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah pada musim kemarau, ketika air kedungnya cukup jernih.

  • Air Terjun Goa Selarong

Mengunjungi air terjun sekaligus belajar sejarah bisa dilakukan saat berkunjung ke Goa Selarong. Goa Selarong merupakan saksi bisu saat perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajahan Belanda setelah rumahnya di Tegalrejo dibakar. Tak hanya goa, ternyata terdapat air terjun pula di sini. Untuk menikmati Air Terjun Goa Selarong lebih baik Anda datang saat musim penghujan karena saat memasuki musim kemarau debit airnya perlahan-lahan berkurang. Air terjun ini cukup indah untuk dinikmati, ditambah lagi suasana Goa Selarong yang asri, bisa menjadi pilihan untuk melepas kepenatan.

  • Air Terjun Jurang Pulosari

Salah satu air terjun yang sedang populer di kalangan warga Bantul, Jogja dan sekitarnya ini adalah Air Terjun Jurang Pulosari. Selain lokasinya yang tak jauh dari Kota Jogja, air terjun ini memiliki kolam alami yang berwarna hijau sehingga pengunjung bisa bermain air di sini. Dari penamaannya saja sudah bisa diketahui kalau letak air terjun ini ada di bawah jurang, tapi tak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah membuat jalan setapak untuk pengunjung sehingga dapat mencapai lokasi dengan mudah.

  • Air Terjun Luweng Sampang

Formasi batuan yang unik di sekitarnya inilah yang menjadikan Luweng Sampang populer. Batuan yang berbentuk luweng dan menjadi tempat jatuhnya air tersebut sekilas mirip dengan batuan The Wave Rock, Arizona, Amerika Serikat. Waktu terbaik untuk mengunjungi Luweng Sampang adalah ketika musim hujan karena debit airnya cukup deras. Namun, ketika memasuki musim kemarau debitnya perlahan-lahan berkurang. Luweng Sampang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Walau letaknya di Gunungkidul, untuk ke sini dari kota Jogja lebih baik lewat Klaten.

  • Air Terjun Banyunibo

Air terjun ini terletak di Dusun Batur, Desa Putat, Patuk, Gunungkidul. Asal-usul penamaan air terjun ini sangat sederhana, berasal dari 2 kata dalam bahasa Jawa yaitu banyu yang berarti air dan nibo yang artinya jatuh. Jalan setapak yang dibuat warga sekitar akan menghantarkan kita untuk sampai ke spot air terjun ini dengan mudah. Panorama persawahan akan terlihat ketika kita hampir sampai. Dari kejauhan air terjun ini tidak begitu terlihat karena terhalang oleh batu-batu besar. Menurut warga sekitar batu-batu besar tersebut merupakan tebing dari air terjun Banyunibo yang runtuh akibat gempa bumi 2006 silam.

  • Air Terjun Kedung Pedut

Perjuangan berjalan kaki menuruni lereng bukit dan melewati hutan masyarakat terbayar dengan kecantikan dan keunikan air terjun Kedung Pedut ini. Warna airnya yang hijau tosca berhasil memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung. Karena diapit oleh dua tebing tinggi, pengelola membuat jembatan dari bambu sebagai jalan untuk dapat melihat air terjun dari depan. Terdapat juga kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Di sekitar kolam alami tersebut, bangku-bangku dari bambu sengaja dibuat sehingga ketika lelah bermain air, siapa pun dapat bersantai dan beristirahat di sana. Air Terjun Kedung Pedut terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Gilimulyo, Kulonprogo dan berdekatan dengan air terjun Kembang Soka, sehingga rute menuju ke sana pun hampir sama.

  • Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka letaknya di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Air terjun ini tergolong cantik dan unik karena airnya memiliki dua warna, yaitu warna putih dan hijau tosca. Tak hanya airnya saja, bebatuan di sekitar air terjun ini pun memiliki dua warna berbeda, batuan dasar sungainya berwarna kuning dan batuan tebing di sebelah kiri air terjun berwarna merah. Nama Kembang Soka dipilih warga sebagai nama air terjun ini karena salah satunya sumbernya berasal dari sumber air bawah tanah, tempat banyak pohon kembang soka tumbuh di sekitarnya. Tak sulit untuk bisa sampai ke air terjun ini karena di sekitar pasar Jonggrangan sudah ada papan petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan menuju ke sana.

Nah, tertarik untuk mengunjungi nya? Silahkan kunjungi dengan keluarg tercinta dengan menggunakan rental mobil Jogja dijamin lancar dan menyenangkan. Selamat berlibur ^^


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam