Ayo Wisata Seni ke Istana Nasirun, Pelukis Milyuner di Jogja

nasirun

Kali ini admin Jogja Semberani akan mengangkat salah satu kisah Pelukis Milyuner sederhana yang bertempat tinggal di Jogja bernama Nasirun. Nasirun adalah seorang pelukis, artist Indonesia yang karyanya sudah sampai ke 5 benua. Pria kelahiran Cilacap ini memiliki rumah seharga milyaran serta mobil Alphard, namun hal itu tidak membuatnya menjadi sombong, ia tetap bersahaja, tidak bisa menyetir bahkan tidak memiliki handphone karena dianggap rumit dan boros.

Dr.Oei Hong Djien (OHD), seorang pencinta seni rupa yang sangat disegani mengatakan bahwa Nasirun seorang pelukis yang komplet. Teknik lukisnya tinggi, imajinasinya luar biasa. Ia cerdas dan menguasai konsep, namun ia tidak meninggalkan segi estetika bahkan rasa. Hal itu merupakan sisi terkuat dari Nasirun. Karyanya ekspresif dan imajinatif. Ia sangat piawai dalam hal yang detail dan rumit sehingga sisi dekoratif pun ter-representasi dengan kuat dalam karyanya. Sepertinya pelukis Affandi, Sudjojono dan Widayat diborong jadi satu.

Melukis dengan Hati

Lalu bagaimana ia bisa membuat karya yang begitu spektakuler? Bahkan para penikmat karyanya sampai rela terbang dari Eropa ke Jepang untuk melihat pamerannya. Jawabannya adalah sebelum membuat lukisan yang bisa mengambil hati para penikmat seni, ia sudah terlebih dahulu menaklukkan dirinya sendiri. Mungkin pencarian diri itu terjadi saat ia bergelut  dalam kesehariannya ketika berkarya.

Pria yang pada awalnya memiliki nama Mashuri ini mengatakan bahwa dalam melukis, ia tidak memperhatikan apa yang sedang booming. Pria lulusan Institut Seni Indonesia (ISI Jogja) ini tidak berambisi untuk menjadi populer, kaya raya, apalagi berambisi utnuk mengalahkan orang lain. Karya-karyanya adalah usaha menafsir ulang seni tradisi (terutama wayang) dengan melakukan distorsi (melukiskan obyek dengan teknik melebih-lebihkan dan menonjolkan bagian bentuk benda yang ingin difokuskan) anatomi para tokohnya dan mengevaluasi struktur nilainya. Tak jarang, interpretasi itu dikaitkan dengan masalah sosial-politik yang sedang aktual dengan sentuhan humor dan ironi yang kental.

nasirun-gallery

Penghargaan

Usahanya membuat karya membuahkan hasil berupa penghargaan Philip Morris Award dan Affandi Adi Karya. Selain itu ia juga mendapat 3 penghargaan terbaru dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Pertama, lukisan Nasirun pada media mobil dengan jumlah terbanyak, yaitu 24 mobil. Kedua, miniatur Candi Borobudur dari rumah burung merpati terbanyak, yaitu 113 rumah burung yang dilukis dengan beragam corak. Ketiga, lukisan terbanyak dengan media meja kayu utuh, yaitu 13 meja. Dalam pameran itu pria lulusan sebuah pondok pesantren ini mengatakan bahwa, tidak pernah dalam pikirannya pameran ini harus mendapatkan rekor MURI. Tetapi ia berterima kasih sebesar-besarnya. Pameran tunggal ini bukti kecintaannya kepada Yogyakarta.

Meski lukisannya diburu oleh para kolektor senilai ratusan juta rupiah, ia tetap hidup bersahaja, rajin menyapu pekarangan,  dan merawat pepohonan. Namun pelukis berambut gondrong ini terkadang cemburu dengan Affandi dalam proses menciptakan karya seni. Menurutnya Affandi jujur saat berkarya, ketika sudah selesai melukis ya tidak dilanjutkan lagi karyanya, sedangkan ia masih membetulkan sedikit-sedikit, hal itu dikatakan sambil ia tertawa.

Nasirun juga merupakan salah satu Maestro yang ikut mengajar dalam program Belajar Bersama Maestro (BBM). Program ini diluncurkan oleh Kemendikbud untuk 89 siswa yang berasal dari berbagai daerah seperti Kalimantan, Depok, Banten, Sulawesi, Jakarta, dan lain-lain. Nasirun mengatakan jika sedang tidak ada program BBM, ia tetap mengajar, dan rumahnya bebas untuk dikunjungi.

Nasirun Gallery

So, kalo kamu ke Jogja dan berminat untuk melihat-lihat lukisannya kamu bisa datang langsung ke Nasirun Gallery yang dibangun khusus untuk menyimpan berbagai macam benda seni, bangunan ini terletak tidak jauh dari rumahnya, yaitu di Jalan Wates Km 3, Bayeman Permai, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DI. Yogyakarta. Untuk menuju rumah pelukis nasirun, kamu gak perlu repot dan bingung, kamu bisa pakai jasa Semberani Rental Mobil Jogja, karena kamu bisa dijemput langsung dari Bandara, Stasiun ataupun terminal. Di rumah koleksi ini berisi karya seni dari berbagai seniman, dan terbuka untuk umum serta tidak dikenakan biaya apapun, alias gratis.

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..