Wisata Belanja Murah di Malioboro

Wisata Belanja Murah di Malioboro

Ke Jogja bersama Semberani Rent, tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Malioboro. Paket Wisata Belanja yang ditawarkan Semberani Rental Mobil Jogja termasuk wisata belanja ke Malioboro, bisa dikatakan suatu hal wajib yang dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Jogja.

Dengan di antar supir yang berpengalaman Anda dapat melihat banyak penjual, karena memang kawasan ini dikenal sebagai tempat wisatawan menemukan cinderamata atau buah tangan khas dari Jogja. Selain itu di Malioboro juga membentang kios-kios seperti mall, toko, dan lain-lain. Di trotoar jalan, dipenuhi oleh pedagang kaki lima. Namun hal unik yang ada di Malioboro adalah mayoritas pedagang tidak menerapkan harga pas pada barang yang dijualnya. Pembeli harus menawar harga untuk kemudian mencapai kesepakatan dalam bertransaksi.

Berikut ini trik wisata belanja yang perlu Anda ketahui ketika berbelanja barang-barang souvenir dan oleh-oleh di Malioboro agar mendapatkan harga murah tapi berkualitas bagus.

Gunakan Bahasa Jawa
Jika Anda adalah orang yang berasal dari Jawa atau bisa berbahasa Jawa, akan lebih baik menggunakan bahasa Jawa saat bertransaksi dengan para pedagang di Malioboro. Selain memperlancar komunikasi, faktor kedekatan budaya dapat membuat harga penawaran menjadi lebih kecil dibanding kepada mereka yang tidak berbahasa Jawa. Memang tidak semua pedagang seperti itu, tetapi tidak ada salahnya mencoba akrab dengan para pedagang dengan menggunakan bahasa yang sama.

Ajak Teman Asli Jogja
Mengajak teman asli Jogja adalah tips cara menawar barang yang kedua untuk berbelanja ke pasar-pasar tradisional dan pedagang kaki lima di kawasan Malioboro. Jika Anda berbelanja sendirian, mungkin para pedagang tersebut akan mematok harga yang tinggi. Dengan mengajak teman asli Jogja, Anda akan mendapat harga yang jauh lebih murah. Teman Anda akan menawar dengan bahasa setempat dan dapat membeli barang incaran Anda dengan harga yang relatif murah.

Ramah Kepada Pedagang
Bersikap ramah dan menghargai para pedagang merupakan tips cara menawar barang yang sering dilupakan oleh para wisatawan. Siapa pun akan senang apabila ada orang lain yang bersikap ramah kepadanya. Bukan tidak mungkin, dari sinilah awal pertemanan Anda dengan teman baru.

Mencari Info 
Jangan sungkan mencari info melalui internet atau bertanya kepada orang yang sudah pernah membeli barang di Malioboro. Dengan berbekal informasi awal tentang harga barang yang akan dibeli maka Anda dapat leluasa saat tawar menawar dengan pedagang.

Menawar Separuh Harga
Tawar menawar harga memang sebuah strategi bisnis. Kadang pedagang berharap dengan tawar menawar ia dapat menjual produknya lebih tinggi. Banyak pembeli pada akhirnya membeli suatu barang dengan harga 50% lebih mahal daripada harga pasaran. Bagi pedagang, ini adalah yang disebut sebagai tambahan keuntungan.

Menawar Barang dengan Cara Bertingkat dari Bawah
Maksudnya tawarlah dengan harga sepertiga atau setengah dari harga yang ditawarkan pedagang kaki lima. Baru nanti kita tingkatkan tawarannya sedikit demi sedikit. Tentunya dengan bahasa yang ramah dan akrab akan mempermudah dalam proses menawar barang.

Jangan Ragu Masuk ke Toko
Selain pedagang kaki lima (PKL), ada juga toko-toko di sepanjang Malioboro. Jika Anda berpendapat harga barang di toko lebih mahal dari harga di PKL, mungkin Anda perlu membuktikannya. Jangan tertipu dengan persepsi bahwa PKL pasti murah, lihat, dan masuk ke toko yang ada disana. Terkadang beberapa toko memiliki barang dengan harga lebih murah dibanding PKL yang di luar, bahkan dengan lapak di pasar Beringharjo sekalipun.

Memakai Baju Universitas yang Ada di Jogja
Mungkin trik ini bisa jadi alternatif agar penjual tidak menjual dengan harga yang tinggi kepada Anda, karena Anda dianggap mahasiswa dan hanya mempunyai uang pas-pas an.

Tak Butuh
Perlihatkan mimik bahwa Anda tidak begitu menginginkan barang yang mereka jual, itu sedikit menolong dalam proses tawar menawar. Jangan sampai mengatakan bahwa barang yang Anda beli untuk orang yang Anda cintai, misalnya. Pasti sang pedagang menganggap Anda sangat membutuhkan barang tersebut dan akhirnya memberikan penawaran tinggi. Makin susah Anda menurunkan harganya kan?

Nah, semoga trik yang telah disampaikan dapat membantu Anda saat wisata belanja di Malioboro. Mendapatkan barang dengan harga murah dan kualitas bagus, tentunya akan menambah kepuasan Anda. Happy vacation in Jogja with Semberani Rent Jogja!

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam