Berburu Batu Akik di Jogja dan Mengintip Khasiatnya (1)

Batu Akik dan Khasiat

Batu akik menjadi tren lagi saat ini. Batu alam yang dulu hanya identik dengan bapak-bapak ini sekarang selalu menjadi topik pembicaraan menarik di hampir semua kalangan. Orang pun ramai-ramai memburunya. Telepas dari mereka yang benar-benar suka, atau hanya latah saja. Begitu juga saat Anda berkunjung atau liburan ke Jogja. Kurang lengkap rasanya jika tidak menyempatkan berburu batu akik, sekadar untuk menambah koleksi, atau sebagai oleh-oleh pengganti bakpia untuk si buah hati.

Pusat perdagangan batu akik terbesar di Jogja berada di pusat kota, yaitu di Jalan Senopati. Lokasinya di dekat Benteng Vredeburg (ujung selatan Malioboro) atau di depan Gedung Kantor Pos Besar dan Bank Indonesia, ke arah timur hingga pintu masuk Taman Pintar. Tak perlu khawatir nyasar, Anda bisa mengandalkan rental mobil Jogja untuk mengantar menuju ke tempat ini. Praktis.

Begitu tiba, Anda bisa langsung berburu batu akik yang digelar di setiap lapak yang berdiri berjejer di (hampir) sepanjang Jalan Senopati Jogja ini. Aneka ragam jenis batu akik dipajang. Pedagannya rata-rata berasal dari Madura. Sekadar info, berdasarkan mayoritas permintaan dari para pembelinya, kebanyakan batu akik yang tersedia di sini lebih menyasar ke kelas menengah ke bawah. Harganya hanya di bawah Rp 100.000 per batu akik. Tapi jika Anda ingin batu akik yang berkualitas sangat baik, yang harganya hingga puluhan dan ratusan juta, bisa juga ditanyakan ke si pedagang.

Tak dipungkiri, batu akik yang menjadi mata dari hiasan (yang biasanya dikemas dalam bentuk cincin atau kalung) ini di samping memiliki keindahan, juga diyakini mempunyai khasiat di dalamnya. Tanpa perlu ikut meyakini, mari kita sekadar ketahui apa saja khasiat yang terdapat di batu akik berdasarkan jenis-jenis yang banyak dipasarkan, sebagai berikut:

Batu Akik Kecubung

Batu Akik Kecubung Ungu

Nama asli batu akik berwarna ungu berkilau ini adalah Amethyst. Di Indonesia lebih popular disebut Batu Kecubung Ungu.Harga kualitas terbaiknya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Kecubung Ungu ini merupakan batuan mineral berstruktur kristal heksagonal (kuarsa) yang terbuat dari silikon dioksida (silika).

Amethyst berasal dari bahasa Yunani yang artinya obat penawar mabuk. Diyakini sejak zaman Mesir Kuno, orang yang minum arak (minuman keras) menggunakan gelas berbahan amethyst maka dia tidak akan mabuk. Hebat, kan? Batu ini banyak dipakai raja, pangeran, putri kerajaan untuk membangkitkan aura penambah wibawa.

Khasiat lainnya yang dipercaya adalah sebagai pengasihan, pengobatan fisik (rabun, sakit kepala, paru-paru, pencernaan, saraf, kecanduan alkohol), pengobatan batin (karakter, semangat hidup, pengendalian emosi), dan menetralisasi energi negatif. Berkat keunikan dan keindahan warnanya, batu akik Kecubung dianggap lebih berharga dari berlian.

Selain batu akik Kecubung Ungu, masih banyak jenis batu akik lainnya dan khasiat-khasiat yang diyakini terdapat di dalamnya. Kami akan paparkan di artikel selanjutnya: “Berburu Batu Akik di Jogja dan Mengintip Khasiatnya (2)”.


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam