Yuk, Blusukan Seru dan Aman ke Sawah Saat di Jogja!

Segala sesuatu yang berbau “back to nature” alias kembali ke alam, memang sedang banyak dicari oleh para wisatawan pada saat ini. Salah satu bentuk kembali ke alam adalah bermain-main ke sawah, yang mungkin pernah menjadi aktivitas rutin yang menyenangkan bagi sebagian dari kita di masa kecil.

Blusukan ke Sawah Jogja

Foto: Anjas Prasetiyo

Anda yang kini tinggal di kota besar, tentu merindukan untuk bernostalgia dengan suasana sawah. Hamparan pemandangan hijau yang luas, titian jalan pematang sawah yang sempit dan berlumpur licin, semilir angin saat berteduh di gubuk (gubug), dan serunya memainkan orang-orangan sawah untuk mengusir burung pemangsa, hingga bermain kerbau pembajak sawah. Semua itu sungguh dapat menyejukkan mata dan menyegarkan pikiran kita kembali setelah penat bekerja.

Saat berlibur ke Jogja, Anda dapat menyempatkan diri blusukan ke sawah. Masih banyak daerah pedesaan di Jogja yang menjadikan sawah sebagai sumber kehidupan. Blusukan rame-rame bersama teman-teman atau keluarga tentu sangat menyenangkan. Bahkan si kecil (anak) yang sama sekali belum mengenal sawah sebelumnya pun bisa ikut merasakan keseruan ini. Semberani rental mobil Jogja siap mengantar Anda dan rombongan untuk menemukan sawah yang akan disulap menjadi wahana tradisional seru.
Namun agar acara blusukan ke sawah ini dapat berjalan dengan aman dan nyaman, khususnya bagi si kecil yang baru saja mengenal dan terjun ke sawah, perlu disimak beberapa tips sederhana berikut ini. Dijamin acara nostalgia blusukan ke sawah di Jogja akan menjadi momen tak terlupakan.

Pelindung Panas
Selain gubuk yang berada di tengah sawah, tidak ada pepohonan rindang untuk berteduh. Jadi agar kulit tidak terbakar, lengkapilah diri dengan berbagai pelindung panas seperti topi (sebaiknya yang bundar), payung, baju tipis lengan panjang, kacamata gelap, dan sunblock atau tabir surya.

Alas Kaki yang Tepat
Sandal bisa menjadi pilihan untuk dipakai saat blusukan ke sawah. Enteng saat meniti jalanan sawah adalah satu-satunya alasan. Namun yang paling tepat adalah mengenakan sepatu boot berbahan plastik. Keuntungannya: enteng, kaki aman dari goresan tanaman-tanaman di sawah, terhindar dari kotor lumpur sawah, aman dari tersentuh binatang di sawah, dan aman dari potensi terjatuh akibat tali sandal yang terjerat lumpur sawah.

Celana Berbahan Ringan
Pilih dan kenakan celana berbahan katun agar terasa enteng dan nyaman. Sebaiknya hindari memakai celana jeans. Penggunaan celana pendek mungkin akan terasa lebih rileks dan praktis.

Bersikap Sopan Selama di Sawah
Tidak kalah penting, jagalah sikap sopan-santun Anda selama blusukan di sawah. Sebaiknya sebelum mulai blusukan, minta izinlah terlebih dahulu ke petani atau pemilik sawah, berbaur, bahkan diajak foto selfie. Tentu mereka akan menerima kedatangan kita dengan baik. Kumpulkanlah sampah bekas makanan dan minuman, berjalanlah di pematang yang tersedia, serta jangan merusak tanaman apa pun yang ada.
Selamat bernostalgia blusukan di sawah Jogja bersama teman, keluarga, dan Semberani rental mobil Jogja. Seru, menyenangkan, tak terlupakan, dan aman.

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam