Cara Mencegah Mabuk Kendaraan Saat di Perjalanan

Cara Mencegah Mabuk Kendaraan di Perjalanan

Hari Raya Idul Fitri hampir tiba, saatnya melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan kepada keluarga, sanak saudara, dan teman. Sudah terbayangkan asiknya berlebaran di kampung halaman apalagi jika menggunakan Semberani Rent Jogja, rental mobil yang mempunyai layanan yang dapat diandalkan dengan berbagai paket wisata yang ditawarkan serta harga terjangkau.

Namun, Ada sebagian orang yang seringkali mengalami gangguan mabuk perjalanan terutama saat berpergian ke daerah lain yang cukup jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik kendaraan darat seperti mobil, bis, kereta, kendaraan laut seperti kapal laut maupun kendaraan udara seperti pesawat terbang. Semua kendaraan tersebut akan membuat sebagian orang dapat mengalami mabuk perjalanan dan menjadi sesuatu yang menyiksa sepanjang perjalanan. Mabuk di perjalanan tentunya sangat mengganggu baik untuk orang yang mengalaminya atau untuk orang-orang yang berada di dekatnya.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah agar tidak mabuk diperjalanan saat mudik, apa sajakah itu? .

Menyesuaikan Asupan Makanan
Kapanpun Anda hendak melakukan perjalanan biasakan untuk selalu makan dulu agar perut tidak manjadi kosong karena jika perut anda kosong maka produksi asam lambung dalam perut akan meningkat dan ini akan membuat Anda menjadi merasa mual dan ingin muntah. Sebaiknya anda makan secukupnya saja dan jangan berlebihan

Pilih Makanan Tepat.
Untuk mengurangi rasa mual yang timbul sebaiknya konsusmsi minuman seperti air jahe atau air teh yang hangat karena minuman tersebut akan dapat membantu menetralisir dan mengurangi rasa mual yang mungkin timbul saat dalam perjalanan, hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak, makanan pedas produk susu, makanan atau minuman yang asam karena dapat memicu timbulnya rasa mual.

Buat Tubuh Serileks Mungkin.
Jika Anda sering mabuk maka pikiran menjadi tegang karena memikirkan bagaimana jika nanti sampai muntah? Meskipun tahu bahwa Anda sering mabuk perjalanan hindari terlalu banyak pikiran, posisikan tubuh serileks mungkin dan bersandarlah pada kursi dan buat senyaman mungkin sehingga mengurangi timbulnya rasa mual akibat guncangan saat perjalanan

Hindari Membaca
Jika Anda begitu mudah mabuk perjalanan sebaiknya hindari membaca buku atau menggunakan hp untuk melihat pesan atau mengirim pesan sms atau hal-hal lainnya. Sebaiknya alihkan keinginan untuk membaca dengan misalnya, mendengarkan musik atau mengobrol.

Pilih Posisi Duduk yang Aman
Jika bisa memilih tempat duduk sebaiknya pilihlah tempat duduk yang sekiranya tidak membuat Anda mudah menjadi mual, misal saat naik kapal laut pilihlah tempat duduk yang berada di kabin tengah, saat naik kereta api pilihlah posisi duduk di dekat jendela agar bisa mendapatkan udara segar, dan jika menggunakan mobil pilihlah posisi duduk yang dekat dengan sopir untuk menghindari guncangan yang berlebihan, hindari duduk di kursi paling belakang karena semakin belakang guncangan akan semakin keras.

Usahakan Untuk Tidur saat Dalam Perjalanan
Atur posisi serileks mungkin dan jika memungkinkan tidurlah saat dalam perjalanan karena dengan tidur maka dapat membantu mengurangi rasa mual yang mungkin muncul, jika perlu bawalah bantal untuk traveling saat bepergian agar bisa nyaman saat tidur di dalam kendaraan.

Minum Obat Anti Mabuk Perjalanan
Konsumsi obat anti mabuk perjalanan yang banyak beredar di pasaran dan minumlah setengah jam sebelum kendaraan yang Anda tumpangi berangkat.

Lakukan Pernafasan Teratur
Lakukan pernafasan perut dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan menggembungkan perut, lepaskan melalui mulut perlahan-lahan. Hal ini akan mengurangi rasa mual Anda.

Oles Minyak Kayu Putih
Mengoles minyak kayu putih di bagian leher dan sekitar dada. Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih pada perut, leher, dan dada untuk mengurangi rasa mual yang timbul. Hindari mencium bau wangi-wangian, seperti minyak wangi atau aroma yang menyengat, menghisap asap rokok selama dalam perjalanan juga dapat membuat Anda merasa mual.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi mabuk perjalanan yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang sering mabuk diperjalanan, semoga dengan cara di atas dapat membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman tanpa adanya gangguan rasa pusing atau mual.

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam