Cokelat Monggo, Alternatif Buah Tangan dari Jogja

Coklat Monggo, Alternatif Buah Tangan dari Jogja

Tak hanya dikenal sebagai kota gudeg dan bakpia saja, namun Jogja juga dikenal dengan buah tangan yang saat ini sudah sangat terkenal, yaitu Cokelat Monggo. Cokelat Monggo (Chocolate Monggo) merupakan salah satu oleh-oleh baru yang wajib dibeli jika berkunjung ke Jogja. Kalau mau berburu cokelat ini, paling asyik datang langsung di pabriknya yang berada di Kotagede. Namun jika tidak sempat, Cokelat Monggo hadir juga di Tirtodipuran serta beberapa supermarket di Jogja.

Memang tak disangka kota yang masih mengusung tradisi daerah ini terdapat pabrik pembuatan cokelat dengan rasa Eropa. Cokelat bergaya Swiss ini diproduksi di Pabrik Cokelat Monggo yang beralamat di Dalem KG III/978 RT 43 RW 10 Purbayan Kotagede, Yogyakarta. Saat ini Cokelat Monggo mempunyai 2 showroom yaitu di Kotagede dan di Tirtodipuran.

Sejak didirikan di tahun 2005 yang lalu, beragam produk Cokelat Monggo kini sudah menjadi brand yang patut diperhitungkan di dunia percokelatan nasional. Meski belum genap sepuluh tahun sejak awal didirikan, kini perusahaan cokelat ini telah mampu menyerap ratusan tenaga kerja yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Perusahaan cokelat ini juga telah membuka kantornya di tiga wilayah di Pulau Jawa, yaitu di Jogja, Jakarta, dan Surabaya.

Adapun sejarah Cokelat Monggo berasal dari seorang turis asal Belgia, Thierry Detournay, yang sedang berwisata di Jogja. Ia memutuskan untuk membuat sebuah produk cokelat di Jogja yang kemudian diberikan kepada teman-temannya yang ada di Indonesia. Respon positif membuatnya membuat cokelat lebih banyak lagi. Sehingga pada tahun 2005, ide untuk membuka toko akhirnya terlaksana dengan mendirikan sebuah perusahaan “Anugrah Mulia” dengan produk cokelatnya bernama Cacaomania, yang ditujukan untuk kalangan muda. Namun karena dirasa namanya terlalu umum, diputuskanlah untuk berganti nama dan akhirnya menemukan kata “monggo”. “Monggo” adalah sebuah kata dalam bahasa jawa yang berarti “silakan”. Biasanya orang Jawa akan mempersilakan orang lain seperti mempersilakan duduk, minum, atau makan dengan menunjuk dengan ibu jari sambil mengucapkan kata “monggo”.

Pabrik Cokelat Monggo

Pabrik Cokelat Monggo, Kotagede

Salah satu keunikan pabrik cokelat asal Jogja yang satu ini terletak pada keunikan oultet yang dikemas sangat eye cathing sehingga dapat menambah daya tarik wisatawan yang sedang berkunjung ke kota gudeg. Bahkan ada pula yang menjadikan kunjungan ke dapur Monggo sebagai agenda utama saat berlibur di Jogja. Mengapa demikian? Karena di jam-jam yang telah ditentukan, pengunjung dapat melihat proses pembuatan cokelat langsung dari dapur yang hanya dibatasi oleh dinding kaca saja. Pabrik cokelat ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Namun khusus di hari Minggu dapur Cokelat Monggo hanya buka hingga pukul 12.00 saja.

Cokelat Monggo memiliki beberapa varian cokelat yang menggoda selera para pecinta cokelat. Beberapa variannya yaitu caramello, white chocolate, macademia, marzipan, sampai ada yang dicampur red chili, mangga, dan durian. Itu hanya beberapa menu saja, masih banyak lagi varian yang tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan kemasan seperti bars, tablet, dan kemasan khusus.

Semua menunya terbuat dari cokelat premium dark yang diracik oleh ahli cokelat Belgia. Jadi soal kualitas jangan diragukan lagi, semuanya kualitas terbaik. Ada yang spesial dari Cokelat Monggo, yaitu kemasannya berasal dari limbah kertas atau kertas daur ulang yang berkualitas baik. Tujuannya untuk menimimalisir penggunaan plastik dan ramah lingkungan. Kisaran harga cokelatnya dari Rp 29.000,- sampai dengan Rp 100.000,-.

Nah itulah sekelumit info mengenai Cokelat Monggo. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba Cokelat Monggo? Jika ke Jogja, ada banyak rental mobil yang bisa membawa Anda ke sana. Salah satu rental mobil yang di rekomendasikan berdasarkan testimoni dari para pelanggannya, adalah Semberani Rent Jogja, sebuah jasa rental mobil Jogja dengan harga terjangkau namun dengan pelayanan memuaskan, seperti layanan rental dengan supir. Selain mengunjungi pabrik Cokelat Monggo di Kotagede, Anda dengan Semberani Rent dapat mengunjungi destinasi wisata lainnya di Jogja.


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam