Gempa, Bencana Alam yang Paling Memilukan #PrayingForItaly

Gempa di Italia

Bumi yang kita tinggali ini seakan tidak ada habisnya memberikan kejutan bagi penghuninya, mulai dari keindahannya yang luar biasa di luar nalar manusia hingga peristiwa yang memilukan dan menguras air mata manusia pun terjadi seperti halnya gempa bumi. Jika 10 tahun lalu Indonesia yang diterpa gempa bumi yang memilukan, kini negara Italia yang identik dengan makanan khasnya yakni pasta yang harus mengalami peristiwa pahit tersebut.

(Baca juga: Mengenang 10 Tahun Gempa Jogja)

Gempa yang terjadi pada 03.36 pagi ini berkekuatan 6,2 skala richter berhasil mengguncang bagian tengah Italia, meskipun korban tewas yang disebabkannya tidak sebanyak korban tewas gempa Yogyakarta yaitu 6.234 jiwa sedangkan korban tewas gempa Italia setidaknya saat ini ada sekitar 247 jiwa sementara beberapa orang lainnya terperangkap dalam reruntuhan bangunan.

Sama halnya dengan gempa yogyakarta 2006 silam, gempa di Italia ini pun mengalami gempa susulan pada malam hari, pencarian korban yang dilakukan oleh lebih dari 4.300 petugas penyelamat yang bahkan juga menggunakan bantuan alat-alat berat guna mempermudah proses pencarian korban karena kerusakan bangunan yang parah.

Gempa Italia

Reruntuhan bangunan pasca gempa (Sumber: BCC Indonesia)

Gempa yang digolongkan sebagai gempa parah tersebut membuat Italia memberlakukan status darurat di daerah yang terpapar gempa, selain itu PM Renzi juga menghapuskan pajak untuk para korban gempa dan mengumumkan sebuah program yang bertajuk “Rumah Orang Italia” yang muncul setelah adanya kritik di media tentang konstruksi bangunan yang buruk (bbc Indonesa).

Dalam keadaan yang sulit tersebut, para petugas penyelamat masih terus optimis untuk melakukan pencarian korban lainnya karena memang reruntuhan bangunan yang membuatnya semakin sulit. Untuk membantu mempermudah proses pencarian, petugas penyelamat meminta penduduk lokal untuk membuka password wi-fi yang tersedia guna mempermudah komunikasi.

[powr-comments label=”Enter a Label”]

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..