Hari Gajah Sedunia, Yuk ke Kebun Binatang Gembira Loka Jogja!

hari-gajah-sedunia

Gajah adalah mamalia darat terbesar di bumi. Mereka adalah makhluk yang cinta damai dan cerdas. Gajah bahkan dipuja oleh beberapa budaya di dunia. Hari Gajah Sedunia (World Elephant Day) diperingati setiap tanggal 12 Agustus, peringatan ini ditujukan untuk memberi tahu dunia betapa terancamnya kelangsungan hidup gajah Asia dan Afrika.

Di Indonesia, keterancaman gajah sumatera (Elephas maximus) sudah masuk dalam kategori Critically Endangered (CR-IUCN Redlist). Salah satu mamalia terbesar di dunia, yang hanya dijumpai di Pulau Sumatera ini nasibnya sungguh memilukan. Forum Konservasi Gajah Indonesia (FKGI) mencatat sedikitnya 150 ekor gajah terbunuh semenjak tahun 2012 hingga Februari 2016 ini. Data kematian gajah sebelum tahun 2012 diperkirakan jauh lebih besar.

Populasi gajah berkurang karena rusaknya habitat mereka dan perburuan gajah untuk diambil gadingnya. Menurut Sunarto, peneliti gajah sumatera dari World Wildlife Fund (WWF) bahwa dalam dua puluh tahun terakhir banyak terjadi kepunahan lokal. Populasi gajah yang tersebar di wilayah Sumatera bagian timur tidak mampu bertahan akibat hilangnya hutan yang disebabkan oleh penebangan kayu atau perubahan dari hutan menjadi perkebunan, hutan tanaman industri, dan juga pertambangan. Padahal kawasan timur Sumatera yang didominasi oleh kawasan hutan dataran rendah merupakan habitat ideal untuk gajah. Sunarto juga mengatakan bahwa dari tahun 2012 sampai tahun 2014 kasus kematian gajah seringkali dibarengi dengan hilangnya gading. Diduga erat kaitannya antara kematian gajah dengan perburuan untuk gading.

Salah satu cara agar kita bisa ikut serta dalam pelestarian gajah adalah dengan ikut berdonasi melalui organisasi WWF Indonesia. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka di Jogja sambil mengajak keluarga Anda tercinta. Di Gembira Loka Anda bisa memberi makan gajah dan mereka akan menyambut makanan Anda dengan riang gembira. Selain itu Anda juga bisa menunggangi gajah dengan membayar sekitar 10 ribu rupiah. Atraksi Gajah diadakan setiap hari minggu atau hari libur nasional, dimulai pukul 10.00 WIB

Ada banyak fasilitas di Gembira Loka, yaitu

  1. Perahu Katamaran.
    perahu-katamaran
    Perahu ini memiliki kapasitas 40 orang. Perahu katamaran menjadi primadona pengunjung di Kebun Binatang Gembira Loka, Karena dengan menaiki Perahu Katamaran ini anda dapat mengelilingi danau buatan dan bangunan mayang tirta yang berbentuk seperti Kapal Besar.
  2. Banana Boat Orca.
    banana-boat-orca
    Bagi anda yang suka dengan wahana yang ekstrim banana boat orca bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Banana boat ini ditarik menggunakan speed boat dengan kecepatan tinggi memutari kolam buatan.
  3. Terapi Ikan.
    terapi-ikan
    Terapi ini menggunakan ikan kecil untuk menggigit sel-sel kulit mati. Pengunjung cukup mencelupkan kaki mereka ke kolam dangkal penuh dengan ratusan ikan kecil Garra Rufa, kemudian membiarkan sang ikan menggigiti lapisan kulit mati Anda tanpa rasa sakit.

  4. Wahana Kolam Tangkap.
    kolam-tangkap
    Wahana ini dikhususkan untuk anak-anak usia balita sampai dengan 10 tahun, kedalaman kolamnya hanya 30cm yang berisi ikan-ikan kecil untuk ditangkap anak-anak, dan ikan hasil tangkapan anak-anak tersebut boleh di bawa pulang untuk dipelihara.
  5. Unta Tunggang.
    unta-tunggang
    Anda tidak perlu pergi ke Arab untuk menunggangi unta, di Kebun Binatang Gembira Loka terdapat fasilitas unta yang dapat ditunggangi, dan tentunya didampingi oleh pawang.

Untuk menuju Kebun Binatang Gembira Loka, Anda dapat memanfaatkan salah satu rental mobil yang professional dan terpecaya yaitu Semberani rental mobil Jogja, karena di Semberani Anda bisa dijemput dari Bandara, Stasiun, Terminal bahkan door to door dari rumah Anda, jadi Anda tidak perlu repot mencari angkot. Ayo buktikan cinta Anda kepada gajah dan satwa liar lain.

(Sumber foto: GembiraLokaZoo)

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..