Wisata Sejarah


Kota dengan tagline “istimewa” ini adalah kota penuh sejarah yang merupakan warisan dari Zaman sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelum menjadi DIY, wilayah ini memiliki status sebagai “Kerajaan vasal/Negara bagian/Dependent state” dalam pemerintahan penjajahan mulai dari Belanda hingga Jepang sehingga membuat konsekuensi hukum dan politik berupa kewenangan untuk mengatur dan mengurus wilayah [negaranya] sendiri di bawah pengawasan pemerintah penjajahan, kemudian diakui dan diberi payung hukum oleh Bapak Soekarno sebagai sebuah daerah bukan lagi sebagai sebuah negara. Hal inilah yang membuat wilayah tertua kedua di Indonesia ini menjadi tujuan wisata sejarah Indonesia yang selalu diminati oleh pelancong Rental mobil Jogja. Seperti apakah wisata sejarah yang diminati pelancong rental mobil Jogja? Berikut ini beberapa tempat yang menyimpan sejarah di Yogyakarta.

Kraton Yogyakarta

kraton jogja

Salah satu bangunan yang menjadi tujuan wisata sejarah untuk rental mobil Jogja adalah Kraton. Dengan arsitektur Jawa yang agung dan elegan ini terletak di pusat Kota Yogyakarta. Bangunan ini didirikan oleh Pangeran Mangkubumi, yang kemudian bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I, pada tahun 1775. Beliaulah yang memilih tempat tersebut sebagai tempat untuk membangun Kraton, tepat di antara sungai Winongo dan sungai Code, sebuah daerah rawa yang dikeringkan.

Bangunan Kraton yang menjadi tujuan wisata rental mobil Jogja ini membentang dari utara ke selatan. Halaman depan dari Kraton disebut alun-alun utara dan halaman belakang disebut alun-alun selatan. Desain bangunan ini menunjukkan bahwa Kraton, Tugu dan Gunung Merapi berada dalam satu garis/poros yang dipercaya sebagai hal yang keramat. Pada waktu lampau Sri Sultan biasa bermeditasi di suatu tempat pada poros tersebut sebelum memimpin suatu pertemuan atau memberi perintah pada bawahannya.

Yang disebut Kraton adalah tempat bersemayam ratu-ratu, berasal dari kata: ka + ratu + an = kraton. Juga disebut kadaton, yaitu ke + datu + an = kedaton, tempat datu-datu atau ratu-ratu. Bahasa Indonesianya adalah istana, jadi kraton adalah sebuah istana, tetapi istana bukanlah kraton. Kraton ialah sebuah istana yang mengandung arti keagamaan, arti filsafat dan arti kulturil (kebudayaan).

Makam Raja-Raja Mataram Imogiri

imogiri

Tempat wisata untuk rental mobil yang satu ini tergolong unik karena tempat wisata ini berupa pemakaman. Yup! Permakaman Imogiri, Pasarean Imogiri, atau Pajimatan Girirejo Imogiri merupakan kompleks permakaman yang berlokasi di Imogiri, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta. Permakaman ini dianggap suci dan kramat karena yang dimakamkan disini merupakan raja-raja dan keluarga raja dari Kesultanan Mataram. Permakaman Imogiri merupakan salah satu objek wisata di Bantul. Makam Imogiri dibangun pada tahun 1632 oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan keturunan dari Panembahan Senopati Raja Mataram I. Makam ini terletak di atas perbukitan yang juga masih satu gugusan dengan Pegunungan Seribu.

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja

Monumen Jogja Kembali atau yang biasa dikenal dengan Monjali merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang sarat akan nilai sejarah. Perjuangan rakyat Jogja dalam merebut kotanya yang akan diduduki kembali oleh Belanda memiliki nilai yang besar bagi bangsa Indonesia. Perjuangan selama 6 jam yang dikenal dengan nama Serangan Umum 1 Maret pada tahun 1949 itu mengakibatkan berita agresi militer oleh Belanda didengar oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Akhirnya PBB memaksa Belanda untuk mengakui kedaulatan Indonesia melalui Perjanjian Roem-Roijen.

Walaupun harus dibayar mahal dengan gugurnya ratusan pejuang Indonesia, namun jasa mereka tak sia-sia. Untuk mengenang jasa para pahlawan itulah akhirnya dibangun monumen diatas tanah seluas 5,9 hektar bernama Monumen Jogja Kembali. Monumen berbentuk kerucut menyerupai tumpeng tersebut berdiri megah di Kabupaten Sleman. Konon, lokasi didirikannya Monumen Jogja Kembali merupakan satu garis lurus dari puncak Merapi, Tugu Jogja, Kraton dan Pantai Parangtritis.

Kota Gede

Wisata Kota Gede Jogja

Kotagede yang terletak sekitar 8 kilometer arah tenggara kota Yogyakarta dikenal sebagai sentra produksi kerajinan perak. Logam yang satu ini memang punya andil besar dalam “mengangkat” nama Kotagede di bidang pariwisata. Namun bila ditelusuri lebih jauh, Kotagede masih memiliki beragam potensi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah situs kota tua peninggalan kerajaan Mataram Islam yang bersisihan dengan bangunan-bangunan berarsitektur unik milik para konglomerat jaman dahulu, yang disebut sebagai kaum Kalang.
Menurut Babad Tanah Jawi, Kotagede didirikan oleh Ki Ageng Pemanahan di daerah hutan Mentaok. Ketika putranya, Sutawijaya menjadi raja Mataram dan bergelar Panembahan Senopati, hutan Mentaok dibangun menjadi ibukota kerajaan Mataram. Namun di bawah pemerintahan Sultan Agung, ibukota kerajaan dipindahkan ke Kerta.

Meski hanya sekitar 58 tahun menjadi ibukota kerajaan, Kotagede telah memiliki tata ruang dan komponen-komponen sebagai pusat pemerintahan kerajaan. Buktinya adalah adanya peninggalan kraton, benteng, masjid, pasar serta makam. Meskipun di beberapa tempat yang tersisa tinggal reruntuhan batu bata yang berserakan, bahkan difungsikan sebagai tembok rumah penduduk.

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam