Kasongan, Sentranya Kerajinan Gerabah Jogja

Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan

Belum lengkap rasanya jika berlibur ke Jogja tanpa mengunjungi kawasan wisata yang satu ini, Kasongan. Ya, sentra kerajinan gerabah yang berada di sekitar kawasan Jalan Bantul kilometer 6,5 ini memang sudah menjadi ikon Bantul, Jogja yang tak tergantikan. Bahkan hasil sentra kerajinan gerabah dari kawasan ini sudah merambah pasar internasional. Apa menariknya berbagai kerajinan yang dihasilkannya? Yuk ikuti penelusuran menariknya berikut ini!

Kasongan adalah salah satu daerah desa tujuan wisata di Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta. Terkenal dengan hasil kerajinan gerabah keramiknya. Berada di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Bantul, Yogyakarta. Jika Anda ingin menuju Kasongan sangatlah mudah. Lewati saja jalan Bantul (Jogja-Bantul) dan perhatikan gapura besar di kanan jalan yang bertuliskan Kasongan. Biasanya di tempuh selama 30-40 menit dari kota Yogyakarta.

Menurut sejarahnya, Tahun 1971 menjadi tonggak bangkitnya usaha kerajinan gerabah di Kasongan, Bantul. Seorang seniman besar kota Jogja, Sapto Hudoyo, membina masyarakat di Kasongan yang notabene bekerja serabutan untuk mengembangkan seni olah gerabah di daerah mereka. Gerabah yang sebelumnya diremehkan keberadaannya menjelma menjadi sebuah seni yang tidak membosankan, dinamis, dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Lambat laun, keramik Kasongan mulai dikembangkan dalam skala besar pada 1980-an oleh Sahid Keramik.

Desa Kasongan merupakan wilayah pemukiman para kundi, yang berarti buyung atau gundi, orang yang membuat sejenis buyung, gendi, kuali dan lainnya yang tergolong barang dapur, gerabah, juga barang hias keramik. Gerabah hasil kerajinan Kasongan berupa guci dengan berbagai motif (burung merak, naga, bunga mawar, gajah, bambu, dan banyak lainnya), pot berbagai ukuran, hiasan keramik, patung-patung kecil, pigura, perabotan dari bambu, bahkan topeng-topeng. Keunikan produk di sini ialah tahap akhir pembuatannya memakai bahan alami yang memakai cat sebagai media sentuhan akhir. Ini yang membuat guci Kasongan relatif lebih awet dan jadi incaran wisatawan dalam dan luar negeri. Selain itu, pilihan warna dan motifnya juga mencerminkan jika kerajinan gerabah di Kasongan bercitarasa tinggi.

Souvenir Pernikahan Gerabah Kasongan

Kasongan juga sebagai salah satu sentra souvenir pernikahan yang banyak diburu

Bahkan tak hanya itu, tempat ini juga dikenal sebagai salah satu sentra souvenir pernikahan yang cukup ternama di Bantul. Bahkan “gaungnya” sudah sampai ke luar kota. Selain unik, menarik, dan memiliki varian yang beragam, souvenir dari Kasongan harganya terkenal ramah di kantong. Berbagai souvenir pernikahan yang disediakan di sini seperti tempat boneka pengantin yang memiliki fungsi sebagai tempat pena, tempat sabun beragam bentuk, hingga tempat lilin aneka rupa. Tak hanya itu, Kasongan juga menyediakan feeding set maupun tea set unik.

Seiring berjalannya waktu, kini di samping pintu gapura Kasongan telah berjajar aneka kios atapun galeri seni yang memajang aneka produk menarik. Dimotori oleh lebih dari 300 pengrajin,yang menyerap seribu lebih tenaga kerja, kini terdapat showroom yang berjajar rapi di kanan-kiri jalan, dipadukan dengan workshop para pengrajin, dimana kita dapat ikut langsung membuat keramik. Selain itu ada festival seni Kasongan yang rutin diadakan setiap tahunnya, membuat Kasongan menjadi sebuah wisata kerajinan dan menjadikannya desa tujuan wisata yang berkesan bagi siapapun yang mengunjunginya.

Harga gerabah di Kasongan tergantung tingkat kesulitan produksinya dan besar kecilnya keramik, antara lima ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Sebagai tips untuk mendapatkan harga yang murah, Anda bisa menawar keramik yang disukai. Praktekkan keterampilan Anda menawar hingga mendapat harga yang memuaskan.

Untuk mengunjungi sentra kerajinan gerabah ini, bagi Anda wisatawan luar Jogja jangan khawatir soal transportasi. Anda dapat menghubungi rental mobil yang ada di Jogja salah satunya Semberani Rent Jogja. Supir yang berpengalaman dan paham dengan kota Jogja akan membawa Anda ke sana. Selain itu ada layanan antar jemput Bandara Adi Sutjipto, terminal bus atau stasiun kereta api. Yuk berkunjung ke Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan dengan rental mobil Jogja Semberani!

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam