Mengenang 10 Tahun Gempa Jogja 27 Mei 2006

Mengenang 10 Tahun Gempa Jogja

Ada yang masih ingat dengan tragedi yang menimpa Yogyakarta 10 tahun lalu, tepatnya pada hari ini tanggal 27 Mei 2006? Tragedi yang terjadi selama 57 detik di mana seluruh warga Yogyakarta panik berhamburan. Tragedi gempa tektonik dengan kekuatan 5,9 skala Ritchter yang menewaskan 6.234 jiwa mengguncang habis kota Yogyakarta.

Kejadian memilukan yang tanpa terasa sudah berhasil dilalui meninggalkan ratusan, ribuan, bahkan jutaan kenangan bagi yang mengalaminya. Tragedi tersebut kini dapat dikenang kembali dengan mengunjungi beberapa tempat wisata berikut.

Museum Gempa Prof. Sarwidi
Museum Gempa Prof. Sarwidi
Terletak di Kaliurang, Sleman. Seperti namanya, museum ini didirikan oleh Pakar gempa UII, Prof Sarwidi. Tujuan didirikannya museum ini untuk memberi pelajaran pada generasi muda tentang gemmpa itu sendiri sehingga ketika terjadi gempa sudah mengetahui cara menyelamatkan diri karena gempa adalah kejadian yang tiba-tiba tanpa memberikan tanda-tanda.

Selain itu, museum ini juga mengajarkan bahwa gema jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja, karena segala sesuatu memiliki hal positif didalamnya. Gempa adalah salah satu cara bumi melepaskan energinya, “Kalau tidak ada gempa, kemungkinan bumi ini bisa meledak dan bumi ini tidak bisa dihuni lagi. Jadi gempa itu tugasnya mulia, menyelamatkan bumi,” katanya. (republika.co.id)

Desa Teletubbies
Desa Teletubbies
Selain museum, lokasi yang bisa dikunjungi lainnya adalah Desa Teletubbies di prambanan. Desa ini dinamakan Teletubbies bukan semata karena bentuknya yang unik tapi disebabkan oleh gempa yang meratakan Dusun Sengir Desa Ngelepen dengan tanah, maka dibangunlah rumah dome yang tahan akan gempa ini. Selain itu, tanah Kab. Sleman termasuk daerah yang rawan gempa adalah penyebab dibangunnya rumah dome ini.

Siapa sangka tragedi memilukan menjadikan kota tercinta kita yang istimewa, Yogyakarta menjadi lebih menarik untuk dikunjungi.

(Source: republika.co.id, jembertraveler.com)

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..