Mengintip Gerhana Matahari Total dari Jogja

Gerhana Matahari Total 2016

Tinggal 8 hari lagi beberapa wilayah di Indonesia akan dilintasi Gerhana Matahari Total. Apakah Anda sudah punya rencana untuk menyaksikan fenomena alam langka tersebut? Semberani Rent Jogja punya Informasinya untuk Anda dan bersama keluarga untuk menyaksikan fenomena alam tersebut di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gerhana matahari adalah fenomena berubahnya bentuk matahari karena tertutupi oleh bulan baik sebagian ataupun seluruhnya. Dengan begitu matahari yang awalnya terlihat bulat sempurna akan berubah menjadi sabit pada gerhana matahari sebagian (GMS) ataupun hilang seluruhnya pada gerhana matahari total (GMT).

Pada Rabu, 9 Maret 2016 beberapa wilayah di Indonesia akan dilintasi Gerhana Matahari Total. Fenomena tersebut hanya bisa disaksikan di beberapa wilayah saja dan hanya bisa disaksikan kembali paling tidak 40 tahun mendatang. Wilayah yang dapat menyaksikan fenomena tersebut di antaranya adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. dengan durasi terlama berada di wilayah Maluku Utara.

Nah, bagaimana dengan wilayah Yogyakarta?

Pada tahun 1983 tepatnya pada tanggal 11 Juni 1983, Jogja dan Sekitarnya (Pulau Jawa) pernah mengalami Gerhana Matahari Total. Dan untuk tahun ini wilayah Yogyakarta hanya kebagian 83 persen dari peristiwa itu. Artinya, tidak terjadi gerhana matahari total di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Secara umum gerhana matahari sebagian di Jogja akan mulai terjadi pukul 06:20 WIB dengan ketinggian matahari 8 derajat. Puncak gerhana matahari sebagian terjadi pukul 07:23 WIB dengan ketinggian matahari 24 derajat. Dan akhir gerhana matahari sebagian terjadi pukul 08:35 WIB dengan ketinggian matahari 42 derajat. Durasi gerhana matahari sebagian di Yogyakarta sekitar 2 jam 15 menit.

Untuk Anda yang ingin menyaksikan Fenomena Alam tersebut, Anda dapat menyaksikannya dengan nonton bareng di Tamansari dan Candi Prambanan. Anda dapat memanfaatkan layanan antar-jemput yang cepat dan aman dari Semberani Rent Jogja menuju ke lokasi tersebut.

Menurut info dari tekno.tempo.co, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Daerah Istimewa Yogyakarta Tony Agus Wijaya mengajak masyarakat Jogja dan para wisatawan untuk menyaksikan gerhana matahari dengan aman, dan mengimbau masyarakat agar tidak menatap langsung matahari saat terjadi gerhana ini. Hal itu untuk menghindari gelombang radiasi berbahaya yang timbul dari matahari.

Pihaknya juga menyediakan enam teropong untuk menyaksikan fenomena langka ini. Teropong yang disediakan juga ada yang terhubung ke televisi layar lebar untuk bisa dinikmati khalayak ramai.

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..