Nikmati Jogja dari Karya Sastra, 5 Rekomendasi Novel Wajib Dibaca!

novel tentang jogja

“Senyum para penjaja dagangan dan keramahan khas Jogja benar-benar terekam sempurna di dalam pasar ini.”

Itulah kata-kata yang dikutip dari novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari. Banyak orang yang mengatakan bahwa Jogja adalah kota yang romatis bahkan di setiap sudutnya sampai akhirnya menginspirasi pemuda-pemudi Indonesia untuk berkarya tentang keindahannya.

Ada sangat banyak karya yang menggambarkan keindahan Yogyakarta, termasuk karya sastra. Dengan kreativitas yang tidak terbatas, pemuda-pemudi Indonesia ini memperkenalkan keindahan Yogyakarta dengan menjadikannya setting lokasi dari setiap adegan yang tertulis.

Apa saja karya sastra anak bangsa yang menggambarkan keindahan dan keromantisan Jogja ini? Ini dia beberapa novel yang direkomendasikan oleh Semberani Rental Mobil Jogja untuk Anda.

novel raksasa dari jogja

  1. Raksasa dari Jogja – Dwitasari
    Novel yang berisikan kisah cinta seorang gadis remaja yang masih agak labil (Menurut Semberani Rental Mobil Jogja) bernama Bianca. Cewek imut, manja yang tidak percaya dengan cinta itu memutuskan untuk pergi ke Jogja hingga akhirnya bertemu sang ‘raksasa’.

    Meskipun novel karya Mahasiswi Fakultas Sastra Indonesia di Universitas ternama ini, Universitas Indonesia, Dwitasari ini sudah diangkat versi filmnya, tapi novel ini tetap laris di pasaran bahkan banyak orang yang lebih memilih untuk membaca novelnya karena ‘beda rasanya’.Jogja Jelang Senja

  2. Jogja Jelang Senja – Desi Puspitasari
    Lagi, kisah cinta yang berlatar belakang Yogyakarta dibungkus ke dalam bentuk novel. Pertemuan antara Aris, pria yang tidak sengaja menabrak sepeda gadis cantik bernama Kinasih itu semakin berkembang menjadi cerita baru, cinta yang timbul di antara mereka.

    Namun ketika Aris ingin menggenggam tangan Kinasih semakin erat, saat itu pula perbedaan keyakinan menjadi tembok pemisah di antara mereka.Keunikan dari novel ini tidak hanya menceritakan tentang kisah cinta yang terhalang oleh perbedaan keyakinan yang ada di Yogyakarta, tapi juga mengambil atau memilih setting di era 90-an yang dipenuhi oleh perdebatan yang menarik untuk diikuti kelanjutannya.Jogja 5,9 Skala Richter

  3. Jogja Lima Koma Sembilan Skala Richter – Ahmadun Yosi Herfanda
    Siapa yang tidak ingat dengan bencana gempa Jogja yang terjadi 27 Mei 2006 lalu yang begitu hebat mengguncang tanah Yogyakarta juga mengguncangkan semangat para korban gempa.

    Dengan menulis puisi, kata per kata yang indah namun menggambarkan kepedihan yang ada dalam hati ini berhasil membuat pembacanya turut merasakan kepedihan yang ada.Jogja After Sunset

  4. Jogja After Sunset – Wignya Harsono
    Novel bergenre romance-horror ini adalah novel pertama karya Wignya Harsono. Pertemuan antara Senja, seorang wanita yang berprofesi sebagai brand manager dengan Banyu, pria yang ditemui Senja secara tidak sengaja ketika menikmati sejuknya pemandangan pedesaan di sawah yang ada di Yogyakarta.

    Pada awalnya, banyak yang mengira bahwa novel ini hanya bergenre romance saja, sampai membaca kelanjutan dari novel ini dan akhirnya mengetahui bahwa banyak hal-hal ganjil yang tentunya bikin merinding pembacanya. Justru hal inilah yang menjadikan pembacanya semakin penasaran akan kelanjutan dari novel ini karena selain penasaran dengan misteri di dalamnya, akhir dari ceritanya tidak bisa ditebak.Novel yogyakarta

  5. Yogyakarta – Damien Dematra
    Kisah enam anak manusia, Yudhistira (Yogyakarta), Olivia (Jakarta), Gerson (Ambon), Yahya (China/Pontianak), Karta (Medan), dan Tarjo (Madura) di rumah kos di lingkungan keraton Yogyakarta—yang berbeda etnis, budaya, dan agama–mencari jati diri dan menguraikan masalah hidup mereka masing-masing. Dengan latar belakang yang masing-masing berbeda menjadikan ceritanya penuh dengan konflik yang menarik membuat pembacanya larut ke dalam kisah yang penuh perbedaan ini.

Jangan hanya menikmati keindahan Yogyakarta melalui imajinasi dari novel saja, Anda bisa menikmati keindahannya secara langsung tanpa perlu repot untuk mengunjungi tempat-tempat yang ada dalam imajinasi Anda karena Semberani Rental Mobil Jogja siap mengantarkan Anda!

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..