Pawai Budaya, Puncak Peringatan HUT Yogyakarta ke-259

Ilustrasi-Pawai Budaya, Puncak HUT Jogja ke-259Seperti pemaparan pada artikel Semberani Rent Jogja sebelumnya “Semaraknya Perayaan HUT ke-259 Kota Yogyakarta“, berbagai rangkaian acara jelang HUT Jogja, seperti adanya aksi donor darah, penandaan di Titik Nol Kilometer, Zid Triple Dekker atau parkir tingkat, adanya bus Promosi Wisata “Domapan”, juga Kirab Budaya Tradisional, Garebeg Mall, atau Kenduri Jogja, pada hari Rabu, 7 Oktober 2015, Pawai Budaya Jogja Istimewa menjadi puncak perayaan HUT ke-259 Kota Yogyakarta.

Selain Pawai Budaya, peringatan HUT Kota Yogya yang unik juga dilakukan oleh sebagian besar pelajar mulai tingkat SD sampai SMA hingga staf pengajar dengan mengenakan pakaian adat jawa, lengkap dengan blangkon (penutup kepala) hingga surjan (baju bagi laki-laki) dan jarik. Mereka mengelar upacara bendera dengan menggunakan bahasa jawa, seperti di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta, SMP Steladuce I Dagen Yogya, dan masih banyak sekolah lainnya.

Sumber: Upacara Unik Di Hari Ulang Tahun Yogyakarta Ke-259 Tahun – iNews Petang 07/10

Puncak peringatan hari ulang tahun ke-259 Kota Yogyakarta berlangsung meriah. Tugu Pal Yogyakarta disulap megah dengan puluhan lampu sorot warna-warni di beberapa sisi. Dua layar besar dipasang di bagian barat dan timur. Panggung mini diletakkan di bagian tenggara tugu sebagai tempat tamu VIP. Sepanjang Jalan Mangkubumi dipasang janur kuning di sisi jalan dan beberapa pernak-pernik tradisional Jawa.

Pukul 18.40 WIB acara puncak HUT Kota Yogyakarta dimulai. Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti membukanya dengan memberi kata sambutan dan dilanjutkan pengantar dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Seperti yang sudah diperkirakan, Pawai Budaya ini diikuti oleh lebih dari 4.000 peserta dari berbagai elemen masyarakat, seperti civitas akademika, pelaku usaha, dunia wisata, hingga seniman. Berbagai atraksi dan beragam pertunjukan seni ditampilkan. Dari 45 kelurahan di Kota Yogya, semua tampil dengan beragam pertunjukan seni masing-masing. Seperti, adanya pasukan Bregodo dengan alunan musik tradisi, Kuda Lumping dengan Barongan dan Penari Ludruknya, Barongsai, tarian Sri Rejeki hingga kisah cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Bahkan sendra tari Ramayana juga diperagakan cukup apik dengan banyak penari yang mengenakan topeng ala Buto Cakil dan Hanoman.

Ilustrasi-Pawai Budaya Jogja Istimewa

Pawai Budaya juga menampilkan beragam pertunjukan lainnya seperti Reog, Sholawat, hingga boneka burung raksasa yang diusung dan diarak sepanjang jalur. Atraksi para peserta dilakukan saat tiba di perempatan Tugu Jogja, waktu yang dipergunakan untuk menunjukan atraksi tak lebih dari 10 menit dengan menyusuri jalan ke selatan Tugu hingga berakhir di Kleringan.

Masyarakat pun antusias melihat Pawai Budaya yang menyedot banyak perhatian tersebut, tidak hanya masyarakat Jogja akan tetapi juga para wisatawan lokal maupun asing. Banyak di antara mereka mengambil foto dan video dari kamera untuk mengabadikan peserta pawai yang dianggap menarik.

Demikian keseruan acara ulang tahun Jogja yang bisa Anda bayangkan bagi yang tidak memiliki kesempatan untuk hadir merayakannya. Hal ini barangkali akan menjadi bahan pertimbangan Anda untuk merencanakan wisata ke Kota Gudeg ini dengan menggunakan jasa rental mobil Jogja, seperti jasa rental mobil Semberani Rent, pada perayaan ulang tahun Jogja berikutnya.


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..