Pernak-Pernik dan Keunikan Qurban di Era Kekinian

idul adha

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam. Salah satu yang biasa dilakukan adalah penyembelihan hewan kurban, atau biasa juga ditulis “qurban”. Penyembelihan hewan kurban ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan, terutama pada kaum yang kurang mampu.

Hari raya besar umat muslim ini tak hanya menyimpan kesakralan saja tapi, disetiap tahunnya selalu memiliki momen yang tidak terlupakan mulai dari hal unik ketika proses penyembelihan hingga keunikan yang terjadi di dunia maya di era kekinian sekarang ini.

Keunikan yang mengundang gelak tawa karena kelucuannya hingga tawa renyah karena kemirisannya kian terjadi membuat momen lebaran haji ini semakin tidak terlupakan, seperti apakah keunikan tersebut? Ini dia rangkuman berbagai keunikan yang terjadi dari Semberani Rent Jogja untuk kamu.

  1. Kurban Onlinequrban online

Dulu biasanya berkurban dilakukan secara langsung, dan bisa dilihat oleh orang yang berkurban, sekarang di era digital ini banyak sekali jasa yang menawarkan berkurban secara online. Kurban online yaitu seorang yang ingin melakukan kurban mentransfer sejumlah uang kepada yayasan kurban yang dipercaya, untuk dibelikan kambing, dan disembelih di tempat yang telah ditentukan.

Selanjutnya yayasan tersebut mengawetkan dan mengepak daging ini dengan kemasan kaleng, dan menyebarkannya ke daerah-daerah terpencil. Bahkan penyebaran dagingnya ada yang sampai ke daerah konflik seperti Palestina dan Suriah.

Kelebihan kurban online yaitu praktis bagi orang yang tidak sempat mencari dan memilih hewan kurban sendiri, penyebaran daging kurban lebih luas, dagingnya bisa awet dan bertahan sampai 3 tahun.

Kekurangannya yaitu ada beberapa sunnah (ritual) kurban yang tidak bisa diterapkan, yaitu tidak bisa menyembelih dan menyaksikan penyembelihan hewan kurbannya, tidak bisa memakan daging qurban sendiri, dan tidak tahu kapan waktu penyembelihannya.

  1. Salon Kambing dan Sapisalon-kambing

Menjelang Hari Raya Idul Adha, bukan hanya peternak atau pedagang yang mengalami peningkatan keuntungan, hal itu juga berlaku bagi penjual jasa salon kambing dan jasa rental mobil jogja semberani yang mengalami peningkatan pesanan untuk di hari libur Idul Adha. Jasa salon kambing ini salah satunya berada di Pasar Hewan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Pelanggan salon kambing di sini sebagian adalah pedagang hewan kurban. Jasa yang diberikan adalah merapikan bulu-bulu kambing, tanduk kambing, dan juga kuku-kuku kambing. Suhardi salah satu pemilik salon kambing mengatakan bahwa kondisi tanduk kambing yang rapi dapat mendongkrak harga, sehingga meningkatkan penjualan.

Suhardi juga menambahkan bahwa jika tanduk kambing panjang, pembeli akan mengira usia kambing tersebut sudah tua. Selain itu, jika tanduknya terlalu panjang, bisa menusuk kepala kambing, sehingga dapat mengakibatkan luka. Tanduk yang sebelumnya rusak, setelah dirapikan menjadi ada pembeli yang minat.

  1. SPG sapi kurbanspg-sapi-kurban

SPG atau sales promotion girl, biasanya berada di toko elektronik, pameran mobil, mall, ataupun saat berjualan rokok dengan mobil kanvas. Namun sekarang kamu akan mendapati ada SPG untuk berjualan hewan kurban. Salah satu pedagang yang menggunakan jasa SPG sapi bernama Haji Doni, yang memiliki “Mal Hewan” yang khusus menjual sapi. Lokasinya di Jalan Akses UI (Universitas Indonesia), Kelapa Dua, Depok. Gadis-gadis SPG cantik yang bekerja di sini pun dibekali peranti tablet (gadget) untuk mengetahui rincian data sapi yang dijualnya, mulai dari jenis-jenis sapi, bobot, hingga harga sapi.

Ochie salah satu SPG mengatakan bahwa mempromosikan sapi tidak beda jauh dengan mempromosikan mobil. Awalnya SPG yang bekerja di Mall Hewan Qurban semula merasa terganggu dengan bau kotoran sapi dan takut berdekatan dengan sapi. Ochie menambahkan bahwa menjual sapi sebenarnya sama saja, bedanya jika menjual otomotif tidak bau, tapi lama kelamaan ia sudah terbiasa.

Nah, keunikan-keunikan di Hari Raya Idul Adha ini tidak hanya berhenti sampai di sini, lho! Semberani Rent Jogja akan memberikan lagi Info keunikan yang ternyata, keunikan ini terus berlanjut hingga hari H, mulai dari hewan kurban yang mengamuk, pembagian hewan kurban yang membuat ketawa renyah karena kemirisannya, dan bahkan di era kekinian ini banyak orang membuat kelucuan melalui gambar (meme) dan di-upload ke media sosial.

  1. Hewan Kurban Mengamuk
idul adha sapi ngamuk

Sumber Gambar: AntaraFoto

Hewan kurban yang mengamuk saat akan disembelih ini didominasi oleh jenis hewan kurban sapi. Tingkah laku yang tidak biasa ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kondisi hewan yang tidak sehat, yaitu stress dan tidak diberi makan. Tingkah laku hewan kurban ini membuat kebanyakan orang panik, namun di sisi lain tingkah laku tersebut membuat orang tertawa, karena keunikan dan kelucuan tingkahnya seperti beberapa hewan kurban di beberapa wilayah ini.

Sapi Ini Mengamuk dan Akhirnya Terjatuh Ke Dalam Got


Sumber: youtube, Kompas TV 

Kejadian ini terjadi di LP Tuminting, Manado, Sulawesi Utara. Faktor yang membuat hewan kurban mengamuk ini diduga karena stres. Seekor sapi kurban mengamuk hingga terjerembap jatuh ke dalam saluran air.

Akibat kejadian tersebut proses penyembelihan sapi kurban ini pun tertunda, antara lain karena banyaknya kotoran pada tubuh hewan berkaki empat ini, serta memastikan bahwa sapi tidak terluka, dan tetap layak dikurbankan meski sempat terjatuh.

Sapi Ini Mengamuk Hingga Berdiri Dengan Dua Kaki


Sumber: youtube, mafiasholawat.com

Hewan kurban dari keluarga bapak Indra Fauzi (Sekda Kab. Tulungagung, Jawa Timur) ini mengamuk dan membuat panik. Betapa tidak, sapi yang satu ini mengamuk sambil berdiri dengan menggunakan dua kaki!

Hewan Kurban Sapi Ngamuk, Puluhan Motor Polisi Jadi Sasarannya

sapi ngamuk di polresta banjarmasin

Sumber Gambar: okezone.com

Di kantor Polresta Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terdapat sapi yang mengamuk hingga lepas dari ikatannya ini lari ke halaman depan serta belakang kantor. Tak hanya mengamuk, hewan kurban yang satu ini mengobrak-abrik puluhan sepeda motor dinas polisi yang diparkir di belakang kantor kepolisian tersebut.

  1. Sapi Berlari Setelah Disembelih


Sumber: youtube, Trending Topic Video Indonesia

Tahun ini pada perayaan Idul Adha ada hal yang sangat mencengangkan dari desa Sumberejo, Merakurak, Tuban, Jawa Timur, yaitu seekor sapi yang berlari setelah disembelih. Sapi kurban itu berlari di pelataran sebuah masjid bernama Masjid Nur Muhammad, dalam kondisi leher penuh darah dan mengejar kerumunan warga serta panitia pemotongan hewan kurban. Hal ini tentu saja mengakibatkan sejumlah warga lari ketakutan.

Mengamuknya sapi yang sudah disembelih tersebut berlangsung sekitar 5 menit, dan akhirnya berhasil ditangkap warga yang berkumpul di halaman masjid itu. Setelah berhasil ditangkap, warga pun akhirnya menyembelihnya kembali, mengingat si sapi kurban masih dalam kondisi hidup.

  1. Pembagian Daging Hewan Kurban
pemberian-antre-daging-qurban

Sumber Gambar: kompas.com

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat kita di moment Idul Adha ini, tak lain dan tak bukan adalah pembagian daging kurban. Demi mendapatkan daging, orang-orang tersebut rela menunggu berjam-jam dan bahkan antre berdesakan.

Hal ini dijalani oleh Supartini, seorang warga Desa Dimong, Kecamatan/Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Wanita ini sengaja pergi ke Kota Madiun yang jaraknya sekitar 14 kilometer dari desanya dengan mengendarai sepeda kayuh demi mendapat daging dari panitia kurban di Masjid Al-Mujahadin Madiun.

Hal ini pun terjadi pada seorang nenek yang bernama Darma (57) warga Kampung Arang tepatnya di daerah Geretak Kuning, Pontianak, Kalimantan Barat.

darma-antre-daging-kurban

Sumber Gambar: pontianak.tribunnews.com / Darma yang tidak menggunakan helm

Perempuan ini rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkan sekilo daging kurban dari Masjid Al-Muhtadin Untan. Walaupun tidak ada kepastian apakah akan mendapatkan jatah pembagian atau tidak, perempuan setengah baya ini tetap rela menunggu di luar pagar Masjid Al-Muhtadin. Hal ini dilakukan oleh perempuan paruh baya ini karena dirinya tak mampu membeli daging.

  1. Meme #Qurbaninaja

meme-qurbaninaja-1

Menjelang Idul Adha dunia maya lagi-lagi dihebohkan dengan meme #Qurbaninaja. Hal ini banyak mengundang netizen di berbagai media sosial termasuk Instagram, Facebook, Twitter dan Semberani Rent Jogja untuk ikut serta dalam ke-booming-annya. Kebanyak netizen menggunakan #Qurbaninaja untuk diterapkan di statusnya bahkan dibuat meme.

#QurbaninAja yang sedang menjadi trending topic ini bukan hanya bermaksud pada hewan qurban saja, tetapi juga mencakup berbagai hal yang kemudian diplesetkan dan dibubuhi dengan hashtag QurbaninAja.

Hal terkait #QurbaninAja ini rata-rata diambil dari realita kehidupan, mulai dari kisah asmara, curahan hati, sindiran terkait perilaku buruk seseorang bahkan curhatan pengalaman yang biasanya dikombinasikan dengan latar gambar yang tergolong unik dan terkadang mengundang tawa dengan rangkaian kata sederhana namun cukup mengocok perut. Berikut beberapa meme #QurbaninAja yang wajib kamu ketahui kalo kamu mengaku remaja kekinian.

meme-qurbaninaja-3

meme-qurbaninaja-6

meme-qurbaninaja-2

meme-qurbaninaja-4

meme-qurbaninaja-5

Demikianlah pernak-pernik dan keunikan qurban yang dirangkum oleh admin Rental Mobil Jogja Semberani. Kalau menurut kamu mana yang paling unik?

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..