Wisata Goa Jogja, Sensasi Petualangan Seru

Yogyakarta adalah daerah wisata dengan berbagai keunikan dan berbagai pilihan destinasi. Ketika bicara wisata alam Jogja, biasanya selalu dikait-kaitkan dengan pantainya yang mempesona, tetapi untuk yang punya jiwa petualang dan suka tantangan, wisata goa bisa jadi pilihan.

Dari sekian banyak wisata goa di Jogja, berikut adalah 2 destinasi wisata goa yang layak untuk dicoba. Meskipun ke dua goa ini pernah juga di bahas sekilas dalam artikel: Bulan Madu di Jogja? Kunjungi Tempat Romantis Ini (1) dan Bulan Madu di Jogja? Kunjungi Tempat Romantis Ini (2), namun tidak ada salahnya kita ulas kembali lebih lanjut.

Goa Jomblang

Wisata Goa Jomblang, Jogja

Wisata ke Goa Jomblang, apabila datang saat kondisi hujan dan Anda menggunakan sepeda motor, maka adrenalin sudah mulai dipompa tepat saat memulai perjalanan menuju lokasi Goa Jomblang. Kondisi jalanan yang didominasi tanah becek berbatu-batu, berlumpur, dimana ban motor sudah selip kanan selip kiri, dan gas motor yang meraung-raung, sampailah di lokasi wisata Goa Jomblang. Satu hal yang harus dicatat, jika berkunjung saat cuaca mendung atau hujan, kemungkinan besar Anda akan kehilangan atraksi utama Goa Jomblang, yaitu pancaran sinar dari langit di dalam goa, semacam Ray of Light.

Kegiatan di Goa Jomblang

Petualangan seru di Goa Jomblang yang memacu adrenalin.

Persiapan untuk masuk dimulai dari memilih sepatu boot, pasang helm, pemasangan tali pengaman untuk turun. Pengunjung akan tergantung pada seutas tali tambang di ketinggian 60 meter sebelum perlahan diturunkan ke bawah. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk menyusur goa menuju ke lokasi utama Ray of Light Goa Jomblang, dimana kita bisa menikmati sinar matahari membentuk pancaran sinar dari atas.

Bagi yang menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan transportasi dari Terminal Bus Giwangan menggunakan bus jurusan Jogja-Wonosari. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Simpang Lima Wonosari untuk naik angkutan umum jurusan Wonosari-Semanu. Setelah sampai di Desa Semanu disarankan para penjelajah untuk menuju rumah Kepala Dukuh Jetis Wetan. Biasanya rumah tersebut digunakan oleh para wisatawan sebagai tempat persinggahan (persiapan) sebelum dan sesudah melakukan perjalanan ke Goa Jomblang. Dan perjalanan dilanjutkan kembali sekitar 2 km untuk sampai di bibir goa.

Goa Pindul

Wisata Goa Pindul, Jogja

Goa Pindul berada di dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap goa 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap yang memakan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Ada kegiatan menarik di Goa Pindul, salah satunya cave tubing. Cave tubing adalah kegiatan menyusuri goa menggunakan ban dalam. Karena aliran air di Goa Pindul ini tenang maka cave tubing juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil.

Dari lokasi pembayaran tiket, setelah meminjam perlengkapan seperti ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, dan Head Lamp, kemudian Anda berjalan sekitar 15 menit menuju titik start masuk goa. Setiap kelompok akan dipandu dua petugas, satu di depan sebagai petunjuk arah dan satunya di belakang sebagai pengatur atau menjaga peserta yang mungkin tertinggal.

Stalagtit dan Stalagnit Goa Pindul

Saat penyusuran Goa Pindul ini, Anda akan menemukan sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagnit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (Soko Guru). Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan mempunyai peringkat nomor 4 di dunia. Stalagtit putting yg masih aktif siap menanti dengan tetesan airnya yang konon bisa bikin wanita menjadi cantik dan awet muda, selain itu ada stalagtit jantan yang dipercaya akan menambah vitalitas kaum lelaki. Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen di sepanjang dinding goa, seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai dan mata kristal kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa.

Selain tantangan yang memacu adrenalin, apabila yang dicari adalah ketenangan, sebaiknya berkunjunglah di luar hari libur, dimana tidak terlalu banyak pengunjung. Untuk masalah transportasi saat Anda mengunjungi wisata goa ini, agar lebih efektif dan efisien dalam hal waktu juga biaya, Anda bisa menggunakan rental mobil yang banyak terdapat di Jogja, salah satunya Semberani Rent Jogja. Sebuah jasa rental mobil yang mempunyai banyak paket wisata salah satunya wisata alam. Rental mobil yang profesional dan berpengalaman ini selalu memberikan layanan yang terbaik bagi konsumennya. Oleh karenanya Anda tidak akan kecewa dan dijamin puas seperti halnya testimoni yang pernah disampaikan oleh pengguna jasa Semberani rent.

Semoga 2 tempat wisata goa ini bisa alternatif bagi yang ingin merasakan sensasi petualangan seru menyusuri goa yang ada di Jogja.

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam