THR Turun! Ayo Rencanakan Penggunaan THR

THR turun atur pengeluarannya

Sumber Foto: get.com

“Asik THR sudah turun! Jadi deh lebaran!”

Jelang lebaran, tentu saja THR itu sangat ditunggu kedatangannya untuk apa lagi selain persiapan lebaran entah itu mudik, angpao, kue, baju, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, masih banyak orang yang kurang memperhitungkan penggunaan THR dengan tepat dan alhasil malah jebol deh kantong padahal masih harus melanjutkan kerja. Nah! Sebelum terlambat, Semberani Jogja akan berbagi informasi rencana penggunaannya THR.

  1. Penuhi kewajiban
    Kewajiban umat muslim ketika menjelang lebaran tentu saja bayar zakat. Seperti yang kita ketahui, kita bisa pilih untuk zakat uang atau beras. Jika uang, sesuaikan harga beras per liter yang Anda konsumsi setiap hari dan jika beras, jangan memilih beras berdasarkan harganya yang murah, melainkan bagusnya kualitas beras tersebut. Ingat, ini zakat bukan sedekah.
  2. List semua kebutuhan
    Ketahui semua hal yang dibutuhkan untuk lebaran, kemudian catat dalam bentuk daftar. Ada baiknya Anda membicarakan ini dengan keluarga agar lebih jelas dan lebih mendetail. Kelompokan kedalam beberapa kategori seperti konsumsi untuk kebutuhan yang bersifat habis terpakai dan lainnya.
  3. Perkirakan pengeluaran
    Setelah mengetahui segala kebutuhan, perkirakan biaya pengeluarannya. Anda bisa menggunakan berbagai online merket sebagai acuan perkiraan biaya pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan Anda, catat di masing-masing item kebutuhan dan total semua biaya perkiraan tersebut. Sebaiknya Anda melebihkan biaya perkiraannya untuk antisipasi.
  4. Jangan pernah belanja tanpa target!
    Belanja tanpa target hanya akan membuat Anda semakin bingung, terlebih belanja dalam keadaan puasa akan memicu Anda untuk membelanjakan uang Anda untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Ketahui barang apa yang akan dibeli dan kisaran harganya.
  5. Hindari penggunaan kartu kredit
    Ketika menjelang lebaran, banyak sekali produk yang memberikan promo termasuk kartu kredit. Belanja dengan kartu kredit memang bisa membantu pengeluaran, namun ‘untuk saat ini’ saja. Pada akhirnya Anda harus melakukan pengeluaran lebih pada bulan-bulan selanjutnya.
  6. Persiapkan angpao
    Angpao memang tidak wajib, tapi bagi Anda yang ingin memberikan angpao, jika biasanya Anda menukarkan uang tanpa memperkirakan, kini saatnya Anda memperkirakan pemberian angpao baru selanjutnya menukarkan uang sesuai kebutuhan. Perkirakan berapa banyak yang akan dikeluarkan, pecahan uang apa saja yang dibutuhkan, baru selanjutnya Anda tukarkan uang menjadi pecahan yang Anda butuhkan. Sebaiknya Anda melebihkan sedikit dari perkiraan Anda untuk antisipasi.
  7. Silaturahmi keliling
    Lebaran tentu saja harus bersilaturahmi dan budayanya, ketika bersilaturahmi ke rumah saudara kita akan membawakan bingkisan. Nah! Anda juga perlu mempersiapkan bingkisan yang akan diberikan. Tentukan saudara yang mana saja yang akan menerima bingkisan tersebut dan bingkisan seperti apa yang akan diberikan, lalu perkirakan biaya yang diperlukan.
  8. Liburan
    Lebaran memang momen paling tepat untuk liburan. Jadi, sempatkan untuk liburan walaupun dengan waktu yang sebentar. Ketahui tujuan wisata Anda saat sedang berkumpul bersama dan mulailah untuk mengatur segala akomodasinya, mulai dari barang bawaan yang harus sesuai dengan tempat tujuan sampai transportasi yang digunakan apakah membawa kendaraan sendiri atau memilih untuk rental mobil dengan sopir agar tidak kelelahan.
  9. Live must go on!
    Lebaran selesai bukan berarti semuanya selesai. Anda harus memperhitungkan sisa hari kerja yang ada dan menyimpan THR Anda untuk melanjutkan hidup Anda.
  10. Masih sisa juga?
    Jika Anda telah melakukan semua poin di atas dan masih sisa juga, selanjutnya uang tersebut adalah hak Anda. Anda bisa menjadikannya sebagai reward atau hadiah untuk Anda sendiri atau menyimpannya di tabungan untuk kedepannya.

Pengaturan keuangan yang baik akan menentramkan hati Anda. Selamat bersiap-siap menyambut lebaran!

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..