Rental Mobil untuk Mudik Lebaran? Perhatikan 10 Hal Ini!

mudik-dengan-rental-mobil-jogja

Sumber: jalantikus.com

Tradisi di Indonesia, terutama para perantau yang bekerja jauh dari kampung halaman ketika Ramadhan akan berakhir adalah mudik. Mudik yang artinya menurut KBBI ke-udik atau pergi ke pedalaman ya pulang kampung, deh, tujuannya untuk bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh sambil berlibur.

Mudik umumnya dilakukan sekitar 2 minggu sebelum sampai hari Idul Fitri berlangsung untuk arus mudik, sementara untuk arus balik, biasanya akan berlangsung selama 3 hari sampai 2 minggu setelah hari raya Idul Fitri. Untuk Anda yang akan mudik dan merental mobil, sebaiknya perhatikan 10 hal ini. Penting, lho!

Jarak Mudik Rental Mobil

  1. Ketahui jarak
    Jauhnya jarak antara kota Anda sekarang dengan kota tujuan Anda akan menentukan lamanya waktu perjalanan dan juga bahan bakar yang terpakai. Dengan begitu, Anda dapat memprediksi di kilometer berapa Anda akan melakukan pengisian bahan bakar dan estimasi waktu yang dihabiskan selama perjalanan.
  2. Kenali arena dan kepadatan arus
    Maksud arena di sini adalah mengetahui seperti apa jalur yang akan dilalui dan seberapa tajam tikungan yang akan dilalui. Ini gunanya untuk memprediksi berapa lama waktu yang akan dihabiskan juga keamanan perjalanan Anda. Selain itu kepadatan arus juga mempengaruhi lamanya waktu yang ditempuh.Barang Bawaan Mudik Rental Mobil Jogja
  3. Perhitungkan seberapa banyak barang yang dibawa
    Biasanya, ketika mudik akan sangat banyak barang yang dibawa ke kampung halaman, padahal belum tentu semua barang yang dibawa bermanfaat. Jadi, sangat penting untuk Anda menentukan barang apa saja yang dibawa dan sebaiknya tidak perlu dibawa. Setelah mengetahui banyaknya barang yang akan dibawa dan disesuaikan dengan jumlah orang, Anda bisa menentukan jenis mobil seperti apa yang akan di rental.
  4. Cek kelengkapan dokumen perjalanan
    Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya persiapkan semua dokumen perjalanan milik si kendaraan rental ataupun dokumen mengemudi dari si sopir itu sendiri. Pastikan dokumen lengkap dan masih berlaku.
  5. Cek kondisi mobil
    Setelah semua dokumen lengkap, cek kondisi kendaraan. Cek secara menyeluruh mulai dari mesin dan fungsi-fungsi lainnya seperti lampu sign dan hazard, rem, tekanan ban, dan lainnya. Biasanya keadaan mobil yang baik tergantung dari pihak yang menyediakan rental mobil. Jadi, pastikan Anda memilih jasa rental mobil yang terpercaya dan professional seperti Semberani Rent Jogja yang menyediakan rental mobil Jogja yang berpengalaman dengan sopir yang ramah dan professional.Jaga Kesehatan Rental Mobil Jogja
  6. Cek kondisi kesehatan sopir
    Biasanya, pihak penyedia jasa rental mobil yang baik tidak akan membiarkan sopir yang kurang sehat untuk menjadi pengemudi selama perjalanan mudik Anda. Namun, cuaca buruk bisa saja menjadi salah satu penyebab turunnya kekebalan tubuh.
  7. Cek kesehatan tubuh sendiri
    Tubuh Anda tentu hanya Anda sendirilah yang tahu. Jadi, ceklah kesehatan Anda sendiri sebelum melakukan perjalanan. Ada baiknya Anda sedikit berolah raga 1 minggu sebelum melakukan perjalanan dan berbuka dan sahur dengan menu yang sehat agar kesehatan Anda terjaga saat melakukan perjalanan mudik.
  8. Sediakan cadangan/serep
    Meskipun barang bawaan Anda sudah cukup banyak, namun yang terpenting adalah cadangan/serep seperti ban serep untuk berjaga-jaga terjadi hal yang tidak diinginkan.
  9. Sediakan P3K dan obat-obatan pribadi
    Pastikan P3K selalu tersedia di mobil selama perjalanan untuk berjaga-jaga karena bahkan hal kecil saja bisa melukai kulit. Juga untuk Anda yang mengidap penyakit khusus, selalu bawa obat di saku Anda.Berdoa Selama Perjalanan Rental Mobil
  10. Berdoa
    Last but not least, berdoa. Kadang banyak orang yang menyepelekan bahkan melupakannya. Saking gembiranya menyambut hari raya bersama sanak saudara di kampung, akhirnya selama perjalanan hanya mengobrol atau sibuk masing-masing dan melupakan doa. Selalulah berdoa agar selamat sampai tujuan.

10 hal diatas itu penting, lho ya. Jadi sebelum mudik, pilihlah penyedia jasa rental mobil yang profesional seperti Semberani Rent.

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..