Tetap Sehat dan Bugar Saat Mudik Lebaran

Mudik merupakan budaya sebagian masyarakat muslim Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pertemuan dengan keluarga besar saat Lebaran termasuk momen yang sangat spesial untuk Anda yang biasa terjebak dalam rutinitas kerja. Anda pun harus mempersiapkan kondisi fisik maupun psikis untuk menghadapi momen itu. Jangan biarkan momen spesial tersebut terganggu hanya karena Anda tidak sehat.

Sehat dan Bugar Saat Mudik

Namun tidak bisa dihindari, kelelahan merupakan kondisi yang umum terjadi jika kita melakukan perjalanan yang panjang dan lama, baik menggunakan kendaraan umum, mobil pribadi, ataupun rental mobil. Kelelahan berhubungan dengan penurunan daya tahan tubuh dan akhirnya membuat tubuh kita mudah terinfeksi oleh kuman atau virus terutama bakteri dan virus penyebab penyakit infeksi usus (diare) serta penyakit infeksi saluran pernafasan atas (flu, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan).

Oleh karena itu, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat ditempat tujuan tubuh tetap fit. Nah, berikut ini adalah tips dari Semberani Rent Jogja agar tetap sehat dan bugar selama perjalanan mudik:

Waktu Perjalanan. Memantau kondisi lalu lintas di jalan utama yang akan Anda lewati, dapat membantu menentukan waktu perjalanan yang paling ideal. Bagi para pemudik yang tetap ingin puasa, diusahakan agar perjalanan mudik pada saat sehabis berbuka. Perjalanan malam lebih menguntungkan selain udara yang lebih dingin, saat perjalanan malam tidak dalam keadaan berpuasa.

Menahan Buang Air. Dalam kondisi perjalanan yang tidak bisa diprediksi seperti kemacetan, maka jika ada kesempatan untuk berhenti di tempat istirahat (rest area) atau pom bensin diusakahan agar bisa buang air kecil (BAK). Kejadian infeksi saluran kencing (ISK) dapat terjadi akibat kita menahan BAK yang seharusnya tidak terjadi.

Beristirahat. Segera beristirahat jika sudah merasa lelah berkendaraan. Anda bisa mengambil istirahat setiap 3 atau 4 jam berkendara untuk menjaga stamina tetap terjaga. Selama perjalanan mudik manfaatkan tempat istirahat (rest area) sambil melakukan olah raga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan, dan leher.

Pijat Refleksi. Sembari mengistirahatkan badan, Anda juga bisa melakukan pijat refleksi di perjalanan. Kini mulai banyak rest area yang menyediakan jasa pijat saat musim mudik lebaran. Atau Anda bisa melakukan pijat sederhana tanpa bantuan orang lain. Namun, jika menginginkan hasil yang maksimal, jangan ragu untuk melakukan pijat pada ahlinya.

Jangan Jajan Sembarangan. Usahakan jangan membeli jajanan di pinggir jalan mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar dengan panas dan berpotensi terkontaminasi baik dari debu maupun kotoran lain

Membawa Obat-Obatan. Satu hal lagi yang kadang kala kita luput adalah membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, dan obat sakit maag serta krim/balsem penghangat badan. Bagi para pemudik dengan penyakit kronis, misal penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, dan penyakit kronis lainnya harus selalu ingat untuk membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, baik selama berada di daerah maupun saat kembali.

Barang Bawaan. Bagi pemudik yang memang menggunakan kendaraan umum, barang bawaan juga harus menjadi perhatian mengingat barang tersebut harus dibawa sendiri dan tentu ini akan lebih menguras tenaga apalagi pemudik yang membawa anak-anak yang masih kecil. Lebih baik barang bawaan khususnya oleh-oleh lebih mudah jika dipaketkan terlebih dahulu.

Demikianlah artikel tentang tips tetap sehat dan bugar selama perjalanan mudik. Agar mudik Anda berjalan lancar gunakan saja jasa rental mobil Jogja Semberani, sebuah layanan rental mobil murah dan terpercaya. Semoga mudik Anda berjalan lancar sampai tujuan. Selamat menikmati suasana mudik Lebaran.

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam