Menelusuri Jejak Sejarah Bangsa di Monumen Pahlawan Pancasila

Ilustrasi Monumen Pahlawan Pancasila
Masih terkait dengan artikel sebelumnya yaitu, Mengenang Peristiwa G30S/PKI, pada hari ini, 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Semua itu berawal dari peristiwa yang terjadi pada 50 tahun lalu, yang tercatat sebagai salah satu sejarah paling kelam negeri ini. Puncak dari peristiwa tersebut adalah tanggal 30 September 1965 pada Kamis malam Jum’at atau pergantian hari 1 Oktober , gerakan ini melakukan penculikan dan pembunuhan beberapa jenderal. Gerakan ini akhirnya lebih di kenal dengan sebutan Peristiwa G30S/PKI.

Pada 1 Oktober 1965 tepat pada jam 21.00 WIB, pemerintah lewat Mayor Jendral Soeharto mengumumkan PKI di Indonesia berhasil ditumpas. Dan akhirnya sejarah mencatat bahwa tanggal 1 Oktober dikenang sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Untuk mengenang sejarah kelam tersebut, dibangunlah dua monumen, yaitu Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya di Jakarta dan karena dari 9 Pahlawan Revolusi yang gugur, 2 di antaranya ialah Komandan Korem 72/Pamungkas Brigadir Jendral TNI (Anm) Katamso dan Kas Rem 72/Pamungkas Kolonel Inf. (Anm) Sugiyono gugur di Yogyakarta, maka dibangunlah Monumen Pahlawan Pancasila di Jogja.

Ilustrasi Lubang untuk Mengubur Dua Pahlawan Revolusi

MONUMEN PAHLAWAN PANCASILA. Lubang yang digunakan untuk mengubur Brigjen Katamso dan Kol Sugiyono dalam peristiwa G30S/PKI di Jogja

Monumen Pahlawan Pancasila berdiri di atas lokasi terjadinya peristiwa pembunuhan pahlawan revolusi tersebut, tepatnya di Kompleks Batalyon 403/Wirasada Pratista Kentungan, Sleman. Diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1991 oleh KGPAA Paku Alam VIII selaku Gubernur DIY pada saat itu.

Selain monumen, terdapat pula sebuah museum mini, objek utama, dan yang paling menarik dari museum berbentuk rumah joglo ini adalah lubang tempat jenazah Kolonel Katamso dan Letkol Soegiyono ditemukan. Di museum ini Anda juga dapat melihat koleksi benda asli maupun replika serta foto-foto yang terkait dengan peristiwa G 30 S/PKI tersebut dipamerkan.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Yogyakarta dan ingin mengenang peristiwa tersebut dengan berkunjung ke Museum Monumen Pahlawan Pancasila, Anda bisa menggunakan Semberani Rent, salah satu jasa rental mobil Jogja murah dan terpercaya, yang akan mengantarkan Anda ke berbagai tempat di Jogja dengan layanan paket wisata terbaiknya.


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam