Taman Pintar Jogja, Tempatnya Belajar dan Rekreasi

Taman Pintar Jogja

Sebagai kota yang mempunyai julukan Kota Pelajar, Jogja juga menawarkan destinasi wisata untuk para pelajar sekaligus wisata keluarga yang menarik, salah satunya Taman Pintar. Taman ini menawarkan model edukasi atau pembelajaran yang memadukan konsep pendidikan dan permainan dengan media yang menarik sehingga dapat merangsang keingintahuan anak dan memancing kreativitas anak terhadap IPTEK.

Taman Pintar berada di tengah pusat kota, tepatnya di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta. Selain berdekatan dengan beberapa objek wisata seperti Benteng Vredeburg dan Malioboro, taman ini juga tak jauh dari Istana Negara dan Keraton.

Untuk mengetahui lebih jelasnya wahana yang terdapat dalam wisata Taman Pintar Jogja, silakan ikuti ulasannya berikut ini.

Play Ground
Zona penyambutan dan permainan serta sebagai ruang publik bagi pengunjung. Beberapa bagian play ground adalah : Tapak Presiden Republik Indonesia, Gong Perdamaian, Taman Air Menari, Koridor Air, Desaku Permai, Spektrum Warna, Dinding Berdendang, Sistem Katrol, Forum Batu, Parabola Berbisik, Rumah Batik, Rumah Gerabah, serta Wahana Bahari

Zona Paud Barat dan Zona Paud Timur
Ada dua gedung di zona ini, yaitu Zona PAUD Barat dan Timur. Di dalam Zona PAUD terdapat beberapa ruangan yang di dalamnya terdapat peraga-peraga pendidikan yang dikhususkan hanya untuk anak-anak yang berusia 2 – 7 tahun. Di zona ini anak-anak bisa menyalurkan ekspresinya dan zona ini juga dilengkapi dengan berbagai alat peraga dan mempunyai beberapa replika, diantaranya replika Pesawat Terbang dan Replika Kapal Selam

Gedung Oval
Gedung ini berbentuk oval dan terdiri dari 2 lantai, lantai 1 menjadi zona untuk pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan dan lantai 2 sebagai zona untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun beberapa wahana yang ada antara lain: Demo Sains, Zona Cuaca, Iklim dan Gempa Bumi, Zona Kehidupan Purba, Zona Agro, Generator Pedal, TV Trainer, Zona Teknologi Komunikasi, Generator Van De Graaf, Zona Nuklir, Aquarium air tawar, dan Terowongan Ilusi

Gedung Kotak
Gedung bukan hanya bentuknya saja yang kotak, tetapi barang-barang didalamnya juga banyak yang berbentuk kotak. Terdiri atas 3 (tiga) lantai, ketiga lantai tersebut antara lain:

Lantai 1, berisi sarana dan prasarana pelengkap bagi pengunjung yang terdiri atas: Exhibition Hall, Ruang Audio Visual, Radio Anak Jogja, Food Court, Souvenir Counter, dan Amusement Center

Lantai 2, terdiri dari fasilitas untuk mempelajari materi dasar yang terkait dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa zona yang disediakan antara lain: Zona pengolahan minyak dan gas bumi, Zona agro, Zona air untuk kehidupan, Zona warisan leluhur, Zona teknologi pengolahan susu, Zona teknologi informasi dan komunikasi, serta Zona teknologi otomotif roda dua.

Lantai 3, lantai ini menjadi zona kreativitas berisi: Wahana Animasi, Zona Science and Technology, dan Theater 4 Dimensi

Gedung Memorabilia
Gedung Memorabilia merupakan gedung yang menampilkan peraga pembelajaran sejarah dan budaya. Tiga materi utama yang ditampilkan meliputi content tentang Sejarah Kasultanan Ngayogyakarta, Sejarah Pendidikan, dan Kepustakaan Kepresidenan.

Gedung Planetarium
Gedung Planetarium Taman Pintar Yogyakarta merupakan Planetarium ke-4 di Indonesia tetapi menjadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan digital projector. Planetarium Taman Pintar menampilkan simulasi suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari dengan susunan bintang dan benda-benda langit.

Itulah beberapa wahana yang dapat Anda dan keluarga kunjungi jika ke Taman Pintar. Adapun Tarif Masuk Taman Pintar Yogyakarta ini cukup terjangkau. Tiket masuk untuk menikmati wahana dan belajar di Taman Pintar adalah Rp.15.000,00 untuk orang dewasa dan Rp.8.000,00 untuk anak-anak.

Untuk fasilitas yang disediakan, tersedia berbagai fasilitas pendukung seperti mushola, laboratorium, perpustakaan, toilet, ruang pertunjukan indor dan outdoor, kios souvenir, toko buku, dan halaman parkir yang cukup memadai.

Nah, Anda tertarik untuk mengajak keluarga ke sana? Jika ya, Anda dapat mengunjungi Taman Pintar menggunakan jasa sewa mobil Semberani Rent. Selain lebih efektif dan efisien dari segi biaya, juga Anda dan keluarga bebas untuk berkeliling kota Jogja ke manapun Anda mau. Andapun dapat memanjakan keluarga dengan mengikuti paket wisata mengunjungi obyek wisata lainnya. Perjalanan keliling kota Jogja akan sangat menyenangkan dengan adanya layanan driver/ sopir pribadi yang sangat berpengalaman, ramah, sopan, mengutamakan keselamatan penumpang, dan sangat mengenal jalan-jalan di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Nikmati dan rasakan layanan Semberani Rent sebagai rental mobil murah dan terpercaya di Yogyakarta.