Tips Hasil Foto Instagramable dengan Kamera Ponsel

tips menggunakan kamera ponsel

Semua orang tahu, bahwa traveling itu merupakan kegiatan yang salah satunya untuk menghilangkan rasa penat. Di samping menghilangkan rasa penat, traveling juga banyak sekali memberikan manfaat, seperti mengenal adat istiadat baru dan pengalaman baru.

Rasanya traveling tidak lengkap apabila tidak diabadikan untuk dikenang kembali. Untuk itu Anda perlu ditemani oleh alat pengabadi momen, apalagi kalo bukan, kamera. Demi mengabadikan momen dan menghasilkan karya tak mesti dengan kamera mahal. Cukup berbekal kamera di smartphone dan kemampuan serta kepekaan yang terus diasah, tentunya Anda dapat menciptakan foto traveling yang sangat istimewa.

Lagipula, ponsel lebih simple untuk dibawa kemana-mana, hanya cukup dimasukkan ke saku, daripada mesti bawa peralatan yang memberatkan.

Sekarang para traveler lebih seru menangkap momen lewat smartphone di samping dengan kehadiran aplikasi berbagi foto yaitu Instagram. Aplikasi yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna ini jadi penting karena banyak fotografer travel yang memanfaatkannya. Lalu bagaimana cara membuat foto traveling Anda tampak menarik di Instagram walaupun hanya bersenjatakan kamera ponsel?

1. Ketahui Auto Mode

Sebelum melakukan pengambilan gambar hendaknya Anda mengatahui terlebih dahulu modus bidikan otomatis yang ada pada smartphone agar dapat membantu Anda dalam pengambilan gambar dengan hasil yang lebih baik.

2. Mainkan Fitur Setting

Setting standard saja tidak cukup untuk memenuhi mengambilan foto yang bagus. Untuk itulah Anda perlu mengatur fitur setting yang ada pada kamera smartphone Anda, mulai dari mengatur fokusnya, pencahayaanya hingga mengatur komposisi warna. Perlu diingat untuk pengaturan fokus sebaiknya Anda gunakan fitur fokus manual karena secara teknis paham betul mana yang akan dijadikan titik fokus sehingga nilai dari seni foto yang akan diambil dapat lebih baik dan hasilnya tentu akan lebih sempurna dibandingkan dengan fitur autofocus.

3. Gunakan Mode HDR

HDR dengan kepanjangan High Dynamic Range adalah sebuah fitur yang mampu menghasilkan hasil foto Anda agar tampak lebih bagus dengan detail dan pencahayaan yang menakjubkan. Kini HDR sudah menjadi bagian dari salah satu fitur kamera smartphone dan tentunya Anda dapat menggunakannya saat mengambil gambar dengan kamera smartphone. Adapun waktu yang tepat untuk mengaktifkan atau menggunakan mode HDR yaitu ketika pengambilan gambar pemandangan atau landscape, ketika situasi cahaya yang terlalu terang serta Anda dapat menggunakan ketika kondisi cahaya yang kurang.

4. Pahami Shutter Speed

Sudah tahu dengan Shutter Speed? Shutter Speed sendiri adalah lamanya waktu sensor kamera terkena cahaya dan shutter speed merupakan salah satu dari tiga elemen segitiga eksposur. Memang kerap kali kebanyakan orang kurang memahami dengan Shutter Speed, untuk itu Anda harus memahaminya demi menghasilkan kulitas foto yang bagus tanpa kata blur. fitur ini terbagi menjadi dua yaitu fast shutter speed dan slow shutter speed.

Fast shutter speed sendiri dapat mengambil gambar dengan pixel yang lebih detail dan fokus, fast shutter speed lebih baik digunakan untuk memotret objek yang bergerak semisal ketika orang melompat, sedangkan slow shutter speed adalah memperlambat gerakan. Ini sangat baik digunakan ketika malam hari misalnya memfoto-foto jalanan dan lain-lain.

5. Jauhi Penggunaan Fitur Perbesar Gambar atau Zoom

Karena sekarang ini Anda sedang mengambil gambar menggunakan kamera smartphone, bukan kamera DSLR, maka jangan pernah menyentuh fitur yang satu ini. Apabila memang Anda menaksakan diri untuk mengambil gambar dengan fitur ini maka hasil yang Anda dapat nantinya akan pecah dan kabur (blur). Nah, sebaiknya mendekatlah kepada objek untuk mengambil gambar yang lebih baik.

6. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan atau Lighting adalah satu hal yang penting ketika Anda mengambil gambar menggunakan kamera smartphone karena dengan pencahayaan yang baik, pastinya akan menghasilkan kualitas gambar yang baik pula, begitu juga sebaliknya.

Tapi apabila kondisi cahaya redup, jangan memaksakan diri untuk mengambil gambar dengan flash dan sebaiknya, sangat disarankan untuk tidak menggunakannya karena hal tersebut dapat berdampak negatif pada warna gambar yang diambil, dan akan membuat gambar menjadi putih terang serta warna latar belakang akan hilang. Nah, jika pencahayaan redup sebaiknya gunakan pencahayaan buatan atau cahaya alami sebisa mungkin.

7. Perhatikan Posisi Tubuh

Ini adalah salah satu yang harus diperhatikan juga dalam pengambilan gambar yaitu posisi tubuh. Mengapa demikian? Agar gambar yang dihasilkan tidak goyang dan tetap fokus. Apabila Anda tidak mampu memegang handphone dengan satu tangan atau kondisi tangan Anda selalu gemetar. Peganglah handphone dengan kedua tangan dan merapatkan siku ke arah tulang rusuk. Agar hasil gambarnya tidak goyang atau blur.

8. Gunakan Fitur Edit

Setelah selesai mengambil gambar, lalu manfaatkanlah fitur edit untuk untuk men-touch up hasil jepretan Anda. Tapi, perlu diingat nih, jangan terlalu lebay ya dalam penggunaan fitur editnya.

Nah, itulah beberapa tips agar hasil jepretan traveling yang Anda tangkap, walaupun hanya lewat kamera smartphone agar tampak kece di Instagram. Selain tips dari sisi kamera agar terlihat instagramable. Anda juga perlu memperhatikan tempat yang akan dijadikan objek atau background foto.

Baca juga beberapa tempat rekomendasi yang Intagramable banget di Jogja yang bisa dijadikan sebagai objek atau background foto Anda.

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..