Tips Jaga Keselamatan Diri Saat Mudik

Tips Jaga Keselamatan Diri Saat Mudik

Beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa yaitu Hari Raya Idul Fitri. Kesempatan ini dipakai untuk mengunjungi sanak saudara yang jauh atau pulang kampung demi menjaga silaturahim. Istilah yang sudah tidak asing lagi untuk menamakan ramainya orang pulang kampung adalah mudik. Mudik lebaran yang selalu fenomenal dan jarang terjadi di negara manapun. Ya, Cuma di Indonesia ada istilah mudik yang selalu dirindukan.

Mudik menggunakan transportasi umum yang biasa dipakai sebagai angkutan lebaran antara lain bus, kereta api, dan pesawat udara. Maka tak heran apabila musim mudik telah tiba, tempat-tempat tersebut ramai dan sesak orang beserta dengan barang bawaannya. Selain itu Anda juga dapat mudik dengan rental mobil Semberani Rent Jogja yang cukup murah dan menjanjikan berbagai macam paket wisata yang istimewa.

Namun hal yang perlu di waspadai adalah bahwa tempat-tempat umum tersebut juga merupakan sarang kejahatan seperti hipnotis, penodongan atau pun pencurian. Lalu lalangnya orang-orang mudik digunakan penjahat sebagai kesempatan untuk mencari celah lengahnya orang yang sedang sibuk mengurusi tiket keberangkatannya.

Jaga Barang Bawaan Saat Mudik

Nah, Agar keselamatan diri dan barang bawaan tetap terjaga, berikut ini ada tips dan kiat khusus agar perjalanan mudik selamat hingga tujuan.

Membaca doa
Jangan lupa untuk membaca doa keluar rumah agar Allah senantiasa memberikan perlindungan kepada diri maupun keluarga kita. Doa yang kuat akan mampu menangkal kejahatan seperti hipnotis. Hipnotis adalah salah satu kejahatan yang sering terjadi di tempat-tempat umum.

Membawa Perbekalan Makanan Sendiri
Makanan dan minuman sebaiknya membawa sendiri dari rumah. Biasanya makanan dan minuman yang dijual di tempat umum akan lebih mahal. Selain itu dengan membawa bekal sendiri akan mengurangi resiko perampokan dengan modus bius. Anda patut curiga apabila ada seseorang tanpa kenal sedikitpun memberikan kebaikan kepada kita. Baik itu dengan memberikan barang atau benda lainnya. Pastikan apabila anda harus menerima benda tersebut didampingi oleh orang lain yang kita kenal.

Beli Tiket Pada Agen Resmi
Sebaiknya membeli tiket pada agen-agen resmi dan hindari mencari tiket kepada calo. Alangkah baiknya apabila kita membeli tiket sudah jauh-jauh hari. Waspadai antrian panjang ketika sedang membeli tiket. Belilah tiket di agen-agen resmi, tidak melalui calo untuk menghindari penipuan.

Bawa Barang Seperlunya
Untuk memudahkan dalam bergerak sebaiknya membawa barang seperlunya saja. Kalau memang barang harus banyak yang dibawa sebaiknya barang tersebut dipaketkan menggunakan Jasa Pengiriman Jangan lupa untuk menyimpan barang pada tempat yang mudah terlihat agar mudah dalam pengawasannya. Selain itu berilah label barang bawaan kita. Bawalah uang maupun barang berharga lainnya seperlunya dan simpanlah di tempat yang aman. Beri nama atau tanda pada barang bawaan supaya tidak tertukar, sisipkan identitas kita agar mudah dihubungi orang lain, antisipasi barang tertinggal atau hilang.

Jangan Memakai Perhiasan
Sebaiknya simpan dulu perhiasan berharga yang biasa dipakai. Hal ini agar tidak memancing adanya niat orang untuk menjambret ataupun mencuri. Kejahatan bisa saja terjadi karena adanya kesempatan. Oleh karena itu jangan tunjukan barang berharga kita di tempat umum.

Siapkan Uang
Siapkan uang lebih dikantong/tas yang gampang dijangkau, jangan terlalu sering mengeluarkan dompet.

Membawa P3K
Bawalah obat-obatan untuk mengantisipasi sakit diperjalanan. Masalah kesehatan yang biasanya timbul adalah mual, muntah, pusing ataupun masuk angin.

Hubungi Keluarga
Jangan lupa untuk senantiasa memberikan informasi kepada keluarga tentang kendaraan yang kita gunakan. Selalu berkomunikasi agar keluarga tetap bisa memantau keberadaan kita.

Cek Sebelum Turun Dari Kendaraan
Sebelum turun dari kendaraan cek dengan seksama barang bawaan. Teliti sebelum turun agar barang tidak tertukar ataupun ketinggalan. Pastikan jumlah barang bawaan Anda. Sebelumnya catat nomor kendaraan yang kita naiki, agar jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, misal ketinggalan bus, kita bisa mencarinya, bila perlu minta nomor telepon awak bus.

Selalu waspada dan tidak mudah percaya pada orang yang baru dikenal juga salah satu tips yang sering disarankan, karena banyaknya pengalaman kejahatan yang sudah terjadi. Ada alternatif moda transportasi darat lain untuk mudik yang aman, yaitu menggunakan jasa rental mobil. Cobalah menggunakan Semberani Rental Mobil Jogja, yang siap memberikan layanan tranportasi di wilayah operasi DIY (Yogyakarta) dan sekitarnya. Beberapa testimoni pelanggan dapat dijadikan panduan bahwa rental mobil Semberani Rent ini mempunyai layanan yang baik dengan supir ramah dan berpengalaman.

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam