Tips Membeli Oleh-oleh di Kampung Halaman Ala Rental Mobil Jogja

Mudik telah usai, saatnya kembali ke perantauan. Tapi tak lengkap rasanya jika belum membelikan oleh-oleh khas dari kampung halaman untuk teman-teman di kota tujuan.

Tips Membeli Oleh-Oleh di Kampung Halaman

 

Nah, buat Anda yang barangkali baru akan pulang dari kampung halaman, simak tips membeli oleh-oleh Lebaran ala Rental Mobil Jogja berikut ini.

Siapkan Anggaran
Sisihkan lebih dahulu budget khusus untuk dipergunakan dalam berbelanja kebutuhan oleh-oleh untuk orang-orang di sekitar Anda, mulai dari keluarga, saudara, sampai teman kantor.

Cari Informasi
Carilah informasi tentang apa saja oleh-oleh khas dari daerah asal Anda, dan di mana bisa membelinya. Perhatikan juga jam buka maupun tutup sentra oleh-olehnya. Dengan berbekal informasi tersebut, Anda tidak akan bingung mau membelikan oleh-oleh apa untuk rekan kerja di kantor. Selain berbagi kebahagiaan, Anda juga bisa sekaligus promosi oleh-oleh apa saja yang khas dari kampung halaman tercinta.

Jangan Boros
Meskipun niatnya baik, jangan sampai kegiatan membeli oleh-oleh membebani anggaran pengeluaran. Jangan boros! Ingat, alokasikan belanja dengan kebutuhan, berapa jumlah rekan kerja atau saudara yang ingin diberi oleh-oleh. Jika belanja berlebihan, otomatis oleh-oleh akan menumpuk dan mubazir.

Cek Tanggal Kadaluarsa
Jika membeli oleh-oleh berupa makanan ataupun minuman, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai ketika sudah dibayar, ternyata tanggal kadaluarsanya sudah terlewat. Bisa-bisa sakit perut nanti ketika dimakan.

Pilihlah makanan dan minuman yang mencantumkan tanggal kadaluarsa. Cek juga label Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan label halalnya. Pilihlah yang tanggal kadaluarsanya masih jauh dari tanggal pembelian.

Menawar
Saat berada di sebuah lokasi wisata atau pusat oleh-oleh, jangan terburu nafsu untuk langsung membeli. Akan lebih baik jika melihat-lihat lebih dahulu dan membandingkan harga. Jangan lupa juga trik satu ini, yaitu pandai-pandailah menawar. Jika berbelanja di pasar misalnya, tawarlah harga kepada si penjual. Gunakanlah bahasa daerah, siapa tahu si penjual berbaik hati dan memberikan harga miring.

Bawa Uang Tunai
Tidak semua toko oleh-oleh menerima pembayaran dengan kartu debit atau kredit. Jadi pastikan membawa uang tunai sebelum masuk ke tempat belanja agar tidak repot. Pastikan juga Anda membawa uang pecahan kecil untuk menghindari tidak adanya kembalian saat membeli oleh-oleh. Dengan membawa uang pas juga akan mempercepat proses transaksi.

Bermanfaat
Saking banyaknya pilihan cinderamata, pastinya akan memacu keinginan untuk membeli semuanya. Prioritaskan untuk membeli sesuatu yang bermanfaat untuk orang yang menerimanya.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan saat membeli oleh-oleh. Tips ini juga dapat Anda terapkan saat Anda membeli oleh-oleh di Jogja. Bersama rental mobil Jogja Semberani Anda dapat memenuhi hasrat belanja dengan mengikuti paket wisata belanja sekalian membeli oleh-oleh untuk tetangga, teman, rekan kerja atau saudara.


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam