Tips Turunkan Berat Badan Pasca Mudik Lebaran

Tips Turunkan Berat Badan Setelah Mudik LebaranBagaimana Lebaran Anda kemarin di kampung halaman? Pastinya menyenangkan, apalagi jika Anda mudik ke Jogja menggunakan Semberani Rent, Anda bisa melihat tradisi yang meriah seperti Grebeg Syawal dan tentu saja menikmati kuliner khas Lebaran yang nikmat dan lezat. Terbayangkan bagaimana Anda menyantap ketupat dengan guyuran kuah santan kental dari opor atau gulai dagingnya. Hmmm … sungguh membuat air liur Anda tergoda. Belum lagi aneka kue manis dengan disertai minuman sirup yang menyegarkan.

Mencicipi makanan enak, setelah sebulan lamanya berpuasa apalagi makan beramai-ramai dengan sanak saudara, kadang membuat kita seperti ‘balas dendam’ dan lupa akan berat badan yang meningkat.

Lalu setelah keadaan normal kembali apakah Anda panik mengetahui berat badan Anda naik? Jangan panik Rental Mobil Jogja Semberani  punya tips untuk mengatasinya. Yuk, cek apa saja tipsnya untuk menurunkan berat badan agar sehat dan tentu saja menarik pasca mudik Lebaran berikut ini.

Membuat Program Diet

Tidak perlu melakukan diet ketat untuk membuat tubuh kembali langsing setelah Lebaran. Karena terlalu fokus pada pantangan daftar makanan ternyata akan semakin membuat Anda tak berdaya dan semakin penasaran untuk mencobanya. Menurut Laura Pansiero, seorang koki yang juga ahli diet, lebih baik Anda membuat daftar makanan yang bisa dimakan sehingga timbul semangat positif untuk berdiet. Apa yang harus dilakukan?

  • Hindari kuah. Makanlah ketupat dengan opor, gulai atau rendang, jangan dengan kuahnya. Cukup daging dan ampasnya saja. Sebisa mungkin santap daging ayam tanpa kulit atau daging tanpa gajih/ lemak.
  • Pilih makanan yang tidak digoreng. Ganti makanan yang biasa digoreng dengan dipanggang, di-steam, dikukus, direbus, atau dipepes.
  • Tambahkan menu-menu sehat. Misalnya, sup sayur hijau tanpa santan, pepes ikan, semur, soto, lalapan, asinan Betawi, rujak, atau urap.
  • Hidangkan buah potong. Lebih baik menyantap buah potong daripada es buah yang memerlukan banyak gula. Namun ingat, buah pun berkalori tinggi. Cukup empat porsi buah per hari, misalnya satu buah apel atau jeruk saja.
  • Minum air putih. Hindari soft drink, punch, atau sirup. Perbanyak minum air putih setelah menyantap berbagai makanan.

Disiplin dengan Pola Makan

Setelah Lebaran, banyak orang kesulitan mengembalikan pola makannya seperti semula. Sekarang saatnya kembali mendisplinkan diri mengatur pola makan. Konsumsi makanan secukupnya sesuai kebutuhan dan sesuai dengan waktu makan. Inilah cara yang ideal:

  • Niat yang kuat. Jangan tergoda teman atau keluarga yang terlalu sering mengajak makan makanan berkalori tinggi.
  • Pola makan seimbang. Makan sehat terdiri dari sumber karbohidrat 50 persen (nasi beras merah, roti, atau kentang), protein 20 persen (lauk hewani dan nabati), lemak kira-kira 30 persen (lebih baik dari kacang-kacangan), ditambah sayur-sayuran, buah, serta sumber vitamin dan mineral.
  • Beras merah. Nasi dari beras merah lebih baik dibanding pada nasi putih karena beras merah lebih tinggi seratnya sehingga lebih mengenyangkan, namun kalorinya tidak setinggi nasi puith. Jika tidak terlalu suka, dapat menyampur nasi beras merah dengan nasi putih.
  • Makan sering. Makanlah dengan porsi kecil tetapi sering. Jangan makan sekaligus dalam porsi besar. Usahakan makan teratur dengan tiga makanan utama dan tiga kali selingan di antara makan utama.
  • Olah raga teratur. Minimal 30 menit setiap hari. Tak perlu memilih olah raga yang berat. Jalan cepat atau jalan kaki pun sudah cukup. Yang penting, dapat membakar kalori yang masuk setiap hari

Dari semua perilaku untuk menurunkan berat badan, satu hal yang wajib dilakukan adalah berolahraga dan perbanyak aktivitas fisik. Selamat berdiet dan kembali beraktivitas setelah mudik Lebaran.


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam