Mengenal Tradisi Menjelang Ramadhan di Yogyakarta

Tanpa terasa dalam hitungan beberapa minggu lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan sakral nan suci yang banyak dinanti, khususnya oleh kaum muslimin. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas masyarakatnya kaum muslim, memiliki banyak daerah yang menyelenggarakan upacara tradisi menyambut bulan puasa sebagai wujud pelampiasan rasa syukur dan gembira bahwa Ramadhan telah tiba. Salah satunya adalah kota Jogja. Tradisi dilakukan khususnya di lingkungan keraton dan masyarakat Yogyakarta. Tradisi ini biasanya dilaksanakan pada bulan Ruwah (Sya’ban). Dalam kalender Jawa bulan Ruwah berada tepat sebelum bulan puasa tiba.

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, ada beberapa tradisi yang dilakukan oleh keraton dan masyarakat Yogyakarta menjelang bulan Ramadhan. Berikut, beberapa tradisinya:

Apeman

Apeman, Jelang RamadhanUpacara tradisi ini di lakukan di lingkungan keraton. Tradisi ini secara khusus diadakan untuk memperingati hari raya kenaikan tahta Sri Sultan Hamengkubuwono. Tradisi apeman dilakukan dengan membuat apem sebagai sesaji. Apem ini terbuat dari beras ketan. Bentuknya tidak seperti apem biasa yang dijual di pasar, akan tetapi dengan ukuran yang lebih besar (jumbo), dibuat oleh wanita, baik istri raja, anak dan keturunan raja, serta kerabat keraton dengan alasan wanita adalah pelayan dari pria. Apem dibagikan kepada para abdi dalem keraton. Ada dua jenis apem yang dibuat untuk di bagikan, yaitu apem mustaka (diameter kurang lebih 20 cm)  diberikan kepada abdi dalem yang memiliki posisi tinggi dan apem biasa (diameter kurang lebih 10 cm) untuk abdi dalem biasa.

Labuhan

Labuhan Larung di ParangtritisTradisi ini juga dilaksanakan pada bulan Ruwah oleh keraton. Kuku-kuku dan beberapa helai rambut Sultan dipotong, kemudian potongan kuku dan rambut sultan tadi dilabuh di Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis.

Nyadran

Nyadran Sebelum PuasaMerupakan acara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendoakan para leluhur yang sudah meninggal dunia. Tradisi ini hampir mirip dengan ziarah kubur, akan tetapi perbedaannya terletak pada pelaksanaannya. Ziarah kubur dapat dilakukan kapan saja, sedangkan nyadran hanya dilakukan setahun sekali pada bulan Ruwah (Sya’ban). Tradisi diawali dengan membersihkan makam pada siang hari kemudian pada malam hari masyarakat berkumpul di makam dengan membawa makanan. Setelah semua masyarakat berkumpul acara tahlil dan doa bersama dimulai dipimpin oleh kaum rohis dusun tersebut dilanjutkan dengan makan bersama.

Padusan

Padusan Menjelang RamadhanTradisi padusan dulunya dilakukan dengan upacara berendam atau mandi di sumur-sumur atau sumber mata air (sendang) di tempat-tempat keramat. Akan tetapi, lambat laun seiring berjalannya waktu, tradisi padusan ini beralih tempat. Dulu padusan dilakukan di tempat-tempat keramat, sekarang ini tradisi padusan dilakukan olah masyarakat ditempat-tempat seperti pantai, sungai, dan di rumah pribadi masing-masing. Tradisi ini bermakna agar jiwa dan raga seseorang yang akan melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan dibersihkan secara lahir dan batin.

Demikianlah tradisi-tradisi yang banyak dilakukan di Jogja menjelang bulan suci Ramadhan. Beberapa tradisi seperti Labuhan, telah menjadi obyek wisata yang banyak dihadiri oleh para wisatawan baik lokal maupun asing. Anda berminat? Datang saja ke Yogyakarta, di sana Anda dapat menggunakan jasa Semberani Rental Mobil Jogja, sebuah jasa layanan rental mobil profesional yang siap melayani Anda berkeliling kota untuk menikmati kemeriahan upacaranya.

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam