Weekend Waktunya Seru-seruan di Festival Gerobak Sapi 2016 Yogyakarta

festival gerobak sapi 2016

Seperti yang sudah kita ketahui, Yogyakarta merupakan kota destinasi wisata ke dua di Indonesia setelah Bali. Tak heran, kota yang kental akan kebudayaannya ini selalu menyuguhkan sesuatu yang menarik untuk dinikmati baik dari sisi kebudayaan, kesenian, kuliner, sejarah hingga sesuatu yang berupa event. Hal ini tak luput dari usaha Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta yang selalu berusaha menjamu para wisatawannya demi meningkatkan sektor pariwisata.

Untuk itu, dalam waktu dekat ini Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bajingers Community akan menggelar event tahunan yang unik dan menarik untuk disaksikan yaitu, Festival Gerobak Sapi 2016 (FGS). Festival yang mengusung tema “Semarak Keistimewaan” ini, merupakan gelaran festival gerobak sapi yang keempat kalinya.

Perlu Anda ketahui, Bajingers Community adalah salah satu komunitas untuk para profesi pengemudi gerobak sapi. Profesi ini biasa disebut Bajingan yang merupakan singkatan dari “Bagusing Jiwo Angen-angening Pangeran” yang artinya orang yang punya hati mulia serta dikehendaki oleh Tuhan.

Festival yang akan digelar di stadion Sultan Agung, Bantul, pada 24 – 25 September 2016 ini, banyak sekali rangkaian acara yang menarik untuk diikuti salah satunya, pagelaran berbagai perlombaan untuk bajingan serta masyarakat umum. Untuk bajingan sendiri akan digelar jenis perlombaan gerobak sapi hias, lomba kostum gerobak sapi dan car race gerobak (balap gerobak sapi). Tak hanya itu, panitia pun akan memilih bajingan dengan penampilan terbaik dari sisi pakaian yang dikenakan saat mengikuti festival. Hadiah yang diperebutkan pun cukup menarik dan menggiurkan, yaitu piala bergilir Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan uang senilai 1 juta hingga 6 juta rupiah.

Acara yang akan dibuka pada 24 September 2016 besok tepatnya pukul 14:00 WIB, akan dimulai dengan arak-arakan dari stadion Sultan Agung yang melintasi jalan Imogiri Timur dan jalan Imogiri Barat. Setelah melakukan karnaval, rangkaian acara selanjutnya yang akan diikuti oleh para pengendara gerobak sapi ini adalah dialog bersama Gubernur DIY beserta jajaran pejabat teras di lingkungan Pemerintahan DIY.

poster-festival gerobak sapi 2016

Acara yang bisa dibilang pesta para bajingan ini, tak hanya berhenti di hari Sabtu saja. Acara yang digelar selama dua hari ini, pada hari Minggunya, 25 September pagi tepat pukul 07:00 WIB, akan diadakan pagelaran lomba balap gerobak, yaitu para bajingan dituntut untuk memacu sapi yang menarik gerobak. Bagi para bajingan yang mencapai garis finish dengan waktu tercepat maka dialah yang akan jadi pemenang. Seperti yang dikatakan wakil ketua FGS Nuryanto, perlombaan yang sangat menarik dan menegangkan ini sangatlah berbeda dengan karapan sapi. Selain pagelaran lomba, Festival Gerobak Sapi ini juga akan dimeriahkan oleh hiburan rakyat khas Bantul. Pokoknya liburan akhir pekan Anda kali ini dijamin berkesan deh!

Selain lomba yang khusus diperuntukkan bagi para pemilik gerobak atau banjingan, ada pula lomba untuk masyarakat umum, seperti lomba foto profesional, lomba video dokumentasi, lomba foto selfie, lomba desain grafis. Nah, Jika beruntung, hadiah yang akan mulai dari 1 juta hingga 4 juta rupiah. Untuk Informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi situs Festival Gerobak Sapi 2016 ini.

Anda bingung dengan masalah transportasi? Semberani Rent siapa mengantar Anda! Mulai dari antar jemput bandara, antar jemput stasiun, antar jemput terminal, door to door atau mungkin Anda bisa sekalian memilih paket wisata untuk berkeliling Jogja. Jadi, pastikan akhir pekan Anda lebih menyenangka dengan menghadiri acara tersebut bersama Semberani Rent.

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..