Wisata Imlek di Jogja 2016

Pertunjukan Barongsai

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa, dan Tahun Baru Imlek sudah di depan mata, Imlek di tahun ini jatuh di hari Senin, 8 Februari 2016, 2567 Kongzili yang ditetapkan juga sebagai libur nasional (Tanggal Merah), Untuk warga Tionghoa Apakah Anda sudah mempersipakannya dan sudah memikirkan akan berlibur kemana ? Rental mobil Jogja punya rekomendasi untuk Anda.

Jogja yang kaya akan Budaya, Ras, dan Agama. Yang selau mengundang orang untuk datang dan kembali. Salah satu yang membuat orang tertarik untuk kembali ke Jogja yaitu pertunjukan budayanya. Rental mobi jogja merekomendasikan kepada Anda untuk menyaksikan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY), sebagai pengisi liburan tahun baru Imlek Anda.

pekan budayaPekan Budaya ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2006 dan pergelaran ini rutin diselenggarakan di Kampung Ketandan setiap tahunnya. PBTY dimeriahkan oleh pameran budaya, atraksi liong samsi, naga barongsai, wayang potehi, karnaval kirab budaya, jogja dragon festival, lomba karaoke, panggung hiburan hingga bazaar yang menjual pernak-pernik Imlek.

Tidak hanya menikmati pekan budaya saja, Anda dapat menikmati bangunan Klenteng yang klasik dan penuh sejarah, apabila Anda warga Tionghoa/beragama Kong Hu Cu datanglah kesini untuk beribadah dan menikmati perayaan tahun baru imlek di jogja ini. Rental mobil jogja memiliki list klenteng yang dapat Anda kunjungi.

Klenteng Poncowinatan/Klenteng Kwan Tee Kiong

Klenteng Poncowinatan Klenteng ini didirikan diatas tanah Sultan Ground dengan luas 2.000 meter persegi sedangkan bangunannya sendiri seluas 1.500 meter persegi, berada di Jl. Poncowinatan 16, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta atau tepatnya disebelah utara pasar Kranggan. Bangunan Klenteng ini merupakan bangunan tua karena sudah ada sejak tahun 1881 dan terdaftar sebagai Bangunan Cagar Budaya di Yogyakarta yang ditetapkan dalam peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. PM.07/PW.007/MKP/2010.

Klenteng Poncowinatan/Klenteng Kwan Tee KiongKlenteng Poncowinatan Pada hari hari besar seperti Sin Cia atau tahun baru Imlek tempat ini senantiasa ramai digunakan sebagai pusat kegiatan. Seperti halnya di perayaan Tahun Baru Imlek beberapa persiapan yang dilakukan di antaranya satu minggu, akan dilakukan ritual pemandian patung yang ada dimulai dengan Patung Tuan Rumah di Klenteng ini. Sedangkan akan digelar perayaan selama semalam suntuk kemudian setelah 15 hari kemudian juga akan digelar perayaan Cap Gomeh atau Bulan purnama. Dan masih banyak beberapa ritual keagamaan yang digelar di tempat ini.

Klenteng Gondomanan/Hok Tik Bio/ Klenteng Buddha Prabha

Klenteng Gondomanan ini berada di Jl. Brigjend Katamso No. 3, Gondomanan, Yogyakarta. Klenteng ini dibangun dengan menempati area seluas 1150 meter persegi, Bangunan ini juga ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya dengan surat No. PM.25/PW.007/MKP/2007 tanggal 26 Maret 2007 oleh Perintah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Klenteng Gondomanan/Hok Tik Bio/ Klenteng Buddha Prabha

Secara bentuk bangunan hampir sama dengan Klenteng Poncowinatan, yang didominasi warna merah dan kuning. Kedua Klenteng tersebut merupakan warisan budaya yang sangat tak ternilai harganya, yang harus dirawat dan dijaga.

Bagaimana tertarik bukan? Tidak hanya liburan yang Anda dapatkan. Sejarah-pun Anda dapatkan. Sebagai catatan, rental mobil jogja mengingatkan, bahwa PBTY cukup dipadati pengunjung. Lebih baik Anda datang lebih awal untuk memastikan segala sesuatunya lancar. Siapkan alat perekam gambar dan suara Anda ya. Selamat beriwisata dan berlibur.

Silakan tinggalkan komentar terbaik Anda..