Wisata Sejarah, Mengenang Perjuangan Merebut Kemerdekaan

Sebagai salah satu tujuan wisata populer di Indonesia, kota yang pernah menjadi ibu kota Indonesia ini memiliki segudang lokasi wisata menarik. Alam yang indah dipadu dengan keunikan budayanya menjadikan provinsi ini sebagai destinasi favorit wisatawan.

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di kota ini dengan paket wisata dari rental mobil Semberani Rent adalah wisata sejarah, di tempat-tempat ini Anda akan di ajak ke masa lalu, episode gelap masa kolonial, dan masa perjuangan perang kemerdekaan.

Berikut adalah tempat bersejarah yang bisa menambah wawasan dan pemahaman Anda untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia khususnya rakyat Jogja dalam merebut kemerdekaan.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg, Jogja

Salah satu tempat wisata yang selalu menjadi destinasi favorit para pelancong adalah Malioboro. Namun pesona Yogyakarta tidak terhenti hanya sampai Malioboro dengan produk-produk kerajinannya, di kawasan ini juga terdapat satu tujuan wisata museum, yaitu Benteng Vredeburg atau Museum Benteng Yogyakarta. Museum Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Di sejumlah bangunan di dalam benteng terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia. Daya tarik utama sebenarnya terletak pada arsitektur bangunannya. Namun saat masuk ke dalamnya, Anda akan menyaksikan benda-benda peninggalan perjuangan kemerdekaan Indonesia tempo dulu. Anda juga bisa menyaksikan beberapa diorama dan miniatur pertempuran pada zaman penjajahan dulu.

Museum Jogja Kembali

Museum Jogja Kembali

Yogyakarta juga memiliki satu struktur bangunan museum yang lain daripada yang lain. Museum terletak di Jalan Lingkar Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Monumen yang berbentuk kerucut ini memiliki 3 lantai yang juga dilengkapi dengan perpustakaan dan ruang serbaguna. Pada rana pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949. Dalam 4 ruang museum di lantai 1 terdapat benda-benda koleksi seperti realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, dan bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman juga disimpan di sini (di ruang museum nomor 2).

Monumen Yogya Kembali dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan upacara tradisional penanaman kepala kerbau dan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. Nama Yogya Kembali dipilih dengan maksud sebagai tetenger (peringatan) dari peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari ibukota RI Yogyakarta pada waktu itu, tanggal 29 Juni 1949. Hal ini merupakan tanda awal bebasnya bangsa Indonesia dari kekuasaan pemerintahan Belanda.

Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka, Jogja

Museum Sasmitaloka adalah salah satu museum sejarah yang ada di Yogyakarta, bangunan rumah yang berada di Jalan Bintaran No.3 Yogyakarta ini dulunya merupakan kediaman Jenderal Sudirman. Dinamakan Sasmitaloka dalam bahasa Jawa berarti untuk mengenang dan mengingat. Sasmitaloka bisa diartikan rumah untuk mengenang.

Museum Sasmitaloka menampilkan penggalan-penggalan sejarah kehidupan seorang tokoh besar Sudirman. Mulai dari masa kanak-kanak sampai beliau wafat dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki Yogyakarta. Museum ini memiliki 14 ruangan yang diisi oleh serangkaian informasi yang disusun secara kronologis sehingga membentuk suatu cerita dan gambaran pada saat itu. Museum ini merupakan biografi kehidupan Sudirman dalam kesehariannya sewaktu mendiami rumah ini.

Begitu banyak kenangan sejarah dalam merebut kemerdekaan dan ini yang membuat Jogja menjadi kota yang terus berkembang hingga kini, menjadi kota yang layak untuk dikunjungi. Tentunya kehadiran Semberani Rent yang sebelumnya telah dikenal luas oleh masyarakat sebagai penyedia jasa Sewa Mobil Semarang terbaik ini, selalu berusaha memberikan layanan rental mobil yang bisa diandalkan para pelanggannya dan dapat mengakomodir transportasi yang dibutuhkan oleh para wisatawan saat mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan obyek wisata lainnya di Jogja.

 


TERKAIT DENGAN RENTAL MOBIL JOGJA
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam, rental mobil jogja luar kota

RENTAL MOBIL DI SEKITAR LOKASI POPULER
rental mobil jogja, rental mobil jogja luar kota, rental mobil jogja jalan kaliurang

PENCARIAN TERBANYAK YANG MENGARAH KE HALAMAN INI
rental mobil jogja, rental mobil jogja murah, rental mobil jogja lepas kunci, rental mobil jogja tanpa sopir, rental mobil jogja 24 jam